image

SM/rep mirror Mohamed Salah

08 Desember 2017 | Berita Utama

Pecahkan Rekor, Inggris Kirim Lima Wakil

LIVERPOOL- Keberhasilan lima klub Premier League mencapai babak 16 besar Liga Champions menjadi rekor tersendiri dalam penyelenggaraan kompetisi sepak bola antarklub di Benua Biru. Ini merupakan kali pertama terdapat lima klub dari satu negara pada babak perdelapan final Liga Champions.

Musim ini Inggris mendapat jatah lima klub lantaran Manchester United berstatus juara Liga Europa pada musim lalu. Selain United, juga terdapat empat klub teratas di klasemen akhir Liga Primer Inggris musim lalu, yakni Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, dan Liverpool. Performa kelima tim asal Inggris tersebut cukup menyakinkan di fase penyisihan grup. Hal itu terlihat dari keberhasilan mereka maju ke babak 16 besar. United menjadi pemuncak Grup A, Liverpool di posisi teratas Grup E, Manchester City menjadi yang terbaik di Grup F, dan Totenham Hotspur mengungguli Real Madrid di Grup H. Chelsea menjadi satu-satunya wakil Inggris di Liga Champions 2017/2018 yang mengakhiri fase grup dengan status runner up. "Bisa menyelesaikan grup dengan cara yang bagus, adalah hal yang fantastis bagi kami.

Beberapa pemain yang jarang bermain saya beri kesempatan, dan saya senang dengan penampilan mereka," ucap pelatih Tottenham Hotspurs, Mauricio Pochettino. Hasil yang diraih Spurs ini membuat bangga Pochettino. Terlebih, grup yang dihuni Spurs tergolong berat. Selain Madrid, mereka juga harus bersaing dengan Borussia Dortmund dan APOELNicosia. "Bisa mengumpulkan 16 poin adalah pencapaian fantastis di grup yang sulit," sambungnya.

Adapun pelatih Chelsea, Antonio Conte, punya alasan tersendiri tentang kegagalan timnya keluar sebagai juara grup. Pelatih asal Italia itu menilai ada perbedaan tingkat kesulitan antara Chelsea dengan tim Inggris lain di fase grup. Ia menganggap perjalanan The Blues sedikit lebih sulit, tidak seperti tim Inggris lain. Di Grup C, Chelsea harus menghadapi Atletico Madrid, AS Roma, dan Qarabag. "Bisa lolos dengan lima tim Inggris lain ke babak selanjutnya, itu berarti level liga ini sangatlah tinggi," ujar Conte. "Juga ada pelatih-pelatih bagus, dan Liga Champions membuktikan ini. Ini tidaklah sederhana, tapi mudah bagi tim lain melaju ke fase berikutnya," sambungnya.

Hal senada juga diungkapkan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Dia menilai lolosnya semua tim asal Premier League ke babak 16 besar Liga Champions musim ini adalah bukti kualitas dari sepak bola Inggris. "Sepak bola Inggris memiliki kualitas top dan saya tak tahu kenapa ini tak terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Tapi ini tak pernah terjadi sebelumnya lima tim lolos, jadi ini membuat menarik juga," kata Klopp. "Ini kabar bagus bagi sepak bola Inggris. Tapi, saya pikir sudah ada banyak berita bagus dari sepak bola Inggris dalam beberapa pekan terakhir dan bulan terakhir dengan semua tim muda memenangi piala dunia dan piala Eropa," imbuhnya.

Suksesnya keseluruhan wakil Inggris melaju ke fase knock out itu bukanlah yang pertama. Sejak Liga Champions kembali menggunakan format satu fase grup pada musim 2003/2004, tercatat enam kali klub asal Inggris kompak lolos ke babak 16 besar. Namun, dalam enam musim tersebut, Inggris hanya diwakili empat tim. Dua musim lalu, Spanyol memiliki lima wakil di Liga Champions. Saat itu, La Liga diwakili Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Valencia, dan Sevilla. Namun, hanya tiga klub yang melaju ke fase gugur, yakni Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid. Musim ini, tim-tim yang lolos ke babak 16 besar selain kelima wakil Inggris itu adalah Barcelona, Real Madrid, Sevilla (Spanyol), AS Roma, Juventus (Italia), Bayern Munich (Jerman), Paris Saint-Germain (Prancis), Besiktas (Turki), Basel (Swiss), Shakhtar Donetsk (Ukraina), dan Porto (Portugal).(rtr, H13-56)

Berita Lainnya