08 Desember 2017 | Solo Metro

FIGUR

Hobi Kuliner, Susun Buku

HOBImendatangkan inspirasi. Itulah yang dialami Daning Fitri Hafidha. Berawal dari seringnya nongkrong dan menikmati berbagai makanan khas di berbagai lokasi, gadis yang akrab disapa Afidha ini menulis buku panduan (guide book) kuliner. Tak tanggung- tanggung, dua buku panduan wisata kuliner untuk Kota Solo dan Yogyakarta telah diselesaikannya. ”Saya sama temen-temen memang suka nongkrong dan wisata kuliner. Nah, dari situ lalu muncul ide untuk membukukan lokasi- lokasi nongkrong dan kuliner,” tutur Afidha.

Bersama kawan-kawannya pula, gadis asli Magetan ini membentuk komunitas bernama Even Book Community. Sebanyak enam seri buku Jogja Culinary & Nongkrong Recommended pun berhasil diselesaikan Afidha dan anggota komunitas tersebut. ”Buku yang paling baru adalah Solo Culinary & Nongkrong Recommended, yang mengulas berbagai menu kuliner dan lokasi nongkrong di Solo.”

Lima Bulan

Lajang kelahiran 4 April 1992 ini mengaku, tidak membutuhkan waktu lama dalam merampungkan penyusunan sebuah buku. Lantaran dikerjakan bersama-sama rekanrekannya, sebuah buku hanya butuh waktu sekitar lima bulan. Mulai pencarian tenant, wawancara, hingga produksi ”Bagi waktu saja sih. Biasanya sehari maksimal mendatangi dua lokasi saja,” jelas dia.

Desain buku sengaja dibuat kecil, agar mudah ditenteng ke mana-mana. ”Besarnya hanya setelapak tangan orang dewasa. Dari awal penulisan guide book ini memang ditujukan bagi wisatawan yang ingin menemukan lokasi nongkrong maupun kuliner yang recommended. Bentuknya kecil biar mudah dibawa-bawa,” papar Afidha.

Sejarah sebuah usaha kuliner, tampilan menu andalan, bahan-bahan pembuatan, hingga harga terbaru sebuah sajian pun dicantumkan dalam buku tersebut. ”Menu kulinernya mulai kaki lima sampai kelas restoran berbintang. Ada pula sejumlah voucher potongan harga yang bisa didapat didalamnya. Jadi saya memang tidak sekadar membagikan informasi.” Wanita yang juga menekuni dunia fesyen tersebut kini bertekad memperbanyak buku panduan sejenis.

Bersama kawankawan sekomunitas, Afidha mulai membidik sejumlah menu kuliner dan lokasi hang out andalan di berbagai kota selain Solo dan Yogyakarta. ”Semoga nanti bisa menggandeng berbagai instansi maupun stakeholder terkait,” harap Afidha.(Agustinus Ariawan-20)

Berita Lainnya