08 Desember 2017 | Solo Metro

Warga Khawatirkan Jalan Longsor

  • Longsoran Jalan di Perbukitan

SUKOHARJO- Ratusan warga di dua RTDukuh Tileng, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo dikhawatirkan terisolasi, jika longsoran jalan di perbukitan yang menjadi akses itu, sewaktu-waktu terputus.

Dari pantauan di lapangan, jalan selebar 2,5 meter itu, tinggal setengah meter yang bisa dilewati. Adapun longsoran jalan sepanjang 50 meter pada di tebing setinggi 10 meter itu, semakin parah dalam beberapa hari ini. Bahkan warga mengkhawatirkan longsoran di RT 1 RW3 itu, bisa tambah parah jika tidak segera diperbaiki. Apalagi tidak lama lagi akan tiba puncak musim penghujan. ”Kalau hujan, kami benarbenar waswas. Kalau terputus, warga bisa terisolasi,” tutur warga, Mujiono (56), Kamis (7/12).

Warga lain yang setiap hari melewati jalan itu, Muji (55) berharap perbaikan segera dilakukan. Mengingat akses itu digunakan untuk pertanian, membawa barang dagangan hingga sekolah. Bahkan jalan alternatif di sekitar jalan utama itu, juga sebelumnya mengalami longsor. Dia mengaku tidak mau mengambil resiko dengan melewati jalan yang sudah tinggal setengah meter itu. ”Kalau hujan turun, tidak berani melintas. Taruhannya juga nyawa. Soalnya tebing setinggi sekitar 10 meteran,” kata dia.

Camat Bulu, Sunarjo Hadi Purnomo mengungkapkan, ada dua RT di kawasan longsor itu. Diantaranya RT 1 RW 3 dan RT 2 RW 3. Adapun akses jalan itu, digunakan bagi sebanyak 300- 400 warga. Menurut dia, longsoran jalan di perbukitan yang juga di bawahnya terdapat sejumlah rumah, sudah dilaporkan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). ”Ya benar, itu akses satusatunya yang representatif bagi ratusan warga,” ungkapnya.

Kepala DPUPR, Suraji menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan laporan dari warga soal jalan di perbukitan yang terkena longsor, sehingga mengalami kerusakan cukup parah. Dia berjanji akan segera melakukan perbaikan terhadap infrastruktur jalan di tengah permukiman itu. Karena longsor juga berkaitan dengan bencana, maka pihaknya juga akan berkoordinasi dengan BPBD. ”Petugas juga sudah melakukan pengecekan. Segera kami akan mengambil tindakan perbaikan,” terang dia.(H80-20)

Berita Lainnya