08 Desember 2017 | Semarang Metro

Mahfud MD : Pancasila Pilihan Terbaik

SALATIGA- Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berideologi pada Pancasila merupakan pilihan terbaik yang sudah diputuskan para pendiri bangsa ini. Ideologi penting sebagai pemersatu bangsa dan Ideologi Pancasila terbukti mampu mempersatukan Bangsa Indonesia. Sampai kapan pun ideologi ini tetap akan kokoh dan tidak bisa digantikan dengan lainnya.

Hal itu diungkapkan Prof Mahfud MD, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, saat seminar ‘’Tantangan NKRI di Tengah Penetrasi Ideologi Transnasional’’ di Kampus IAIN Salatiga, Jl Tentara Pelajar, kemarin.

Dalam seminar yang digelar Fakultas Syariah IAIN Salatiga itu, Mahfud memaparkan materinya dengan tema, Pancasila sebagai Prismatika Konsep antara Negara dan Agama. ‘’Terbukti Ideologi Pancasila telah menyatukan ribuan pulau, ribuan suku bangsa, dan ratusan bahasa daerah di Indonesia,’’ kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Mahfud mengajak seluruh komponen bangsa ini untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Dia menegaskan, Pancasila tidak bisa digantikan dengan ideologi agama. Adapun hukum yang sah berlaku di Indonesia adalah hukum yang telah ditetapkan lembaga legislasi. Tidak ada hukum publik yang berdasarkan pada agama tertentu.

Dalam seminar itu bertindak sebagai moderator Dr Ilyya Muhsin. Sementara itu Guru Besar IAIN, Prof Muh Suhri memaparkan materi tentang hubungan antara agama dan negera dari perspektif hukum Islam. Dia memaparkan sejarah perkembangan negara-negara Islam dunia. Kemudian peran Muhammad Rasulullah sebagai nabi dan negarawan, dan lainnya. Pembicara lainnya adalah Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Yudian Wahyudi. Dia menyampaikan materi bertema sikap Bangsa Indonesia dalam menghadapi penetrasi ideologi trannasional.(H2-51)

Berita Lainnya