08 Desember 2017 | Olahraga

Laga Spesial Coutinho

LIVERPOOL- Kemenangan telak 7-0 Liverpool atas Spartak Moskwa pada pertandingan terakhir Grup E Liga Champions di Anfield, Kamis (7/12) dini hari WIB, sangat spesial bagi Philippe Coutinho. Pasalnya, di laga tersebut playmaker asal Brasil itu untuk kali pertama dipercaya sebagai kapten oleh pelatih Juergen Klopp. Kepercayaan itu juga dibayar dengan hattrick pada menit ke-4, 15, dan 50.

Itu merupakan hattrick pertama Coutinho bersama Liverpool sejak didatangkan ke Anfield pada 2013 silam. ”Itu adalah malam yang sangat spesial. Saya sangat senang dengan golgol dan performa saya,” ujar Coutinho yang kabarnya akan hijrah ke Barcelona dengan transfer sekitar 128 juta Pounds. ”Terasa spesial bisa menjadi kapten. Saya rasa ini kali pertama sejak saya di sini,” tambahnya.

Selain Coutinho, pemain lain yang melengkapi tujuh gol kemenangan tuan rumah adalah Roberto Firmino 18, Sadio Mane 47, 76, Mohamed Salah 86 Kemenangan itu tak cuma meloloskan Liverpool ke babak 16 besar sebagai juara Grup E. Tim besutan Juergen Klopp juga mencatat sejarah baru, yakni sebagai tim Inggris tersubur di fase grup dengan 23 gol.

Rekor sebelumnya dipegang Manchester United dengan 20 gol. Sebagai juara grup, The Reds terhindar dari tim-tim besar semacam Paris Saint-Germain, Barcelona, dan AS Roma. Tapi anak-anak Merseyside masih berpeluang menghadapi Bayern Munich, Juventus, atau Real Madrid yang nyatanya malah finis kedua di grup masing-masing. Meski demikian, manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan timnya akan selalu siap menghadapi tim manapun.

”Saya tidak merasa akan ada yang senang ketika mereka mendapatkan kami di undian. Kami juga takkan senang ketika melihat siapa yang akan kami hadapi di fase berikutnya. Tapi kami akan siap,” kata Klopp. Selain Bayern, Juventus, dan Madrid, Liverpool berpeluang menghadapi Basel, Shakhtar Donetsk, dan Porto yang jadi runner up di masing-masing grup.(rtr, H13-56)

Berita Lainnya