image

SM/dok

08 Desember 2017 | Suara Banyumas

KIYE LAKONE

Giatkan Mendongeng

KEMAMPUANmendongeng tidak harus dimiliki oleh para pendongeng profesional, namun para ibu rumah tangga pun bisa mengasah kemampuannya mendongeng untuk anaknya di rumah. Apalagi tidak sedikit manfaat positif yang dapat diperoleh dari mendongeng, diantaranya menjalin komunikasi, merangsang kreativitas, merangsang perkembangan moral dan perkembangan bahasa anak.

Hal inilah yang memantik Ade Yulia Nurdiana membentuk Komunitas Ibu Mendongeng. Komunitas ini sudah terbentuk empat bulan lalu. "Saya menginisiasi ibu mendongeng lewat media online, kemudian membentuk komunitas. Saat ini daerah yang telah membentuk komunitas, antara lain Bogor Raya, Pantura Raya, Banyumas Raya dan Joglosemar," kata Ade.

Dalam komunitas ini, ia membuka sharing dan berbagi pengalaman tentang mendongeng. Ia juga membagikan materi mendongeng kepada anak, mulai dari pengertian dongeng, manfaat, tips dan teknik mendongeng bagi pemula, sekaligus bagaimana mendongeng dengan hati. "Kami memberikan materi via online dan grup Whatsapp. Yang penting orang mau dulu mendongeng," katanya. Selain via online, komunitas ini rutin menggelar pertemuan (kopdar) yang bertemakan membangun generasi lewat mendongeng.

Pada kegiatan ini, komunitas juga mendatangkan praktisi untuk sharing tentang mendongeng dan parenting. "Kami akan menggelar pesta dongeng semarak bergembira bersama di Purwokerto, Minggu (10/12)," katanya. Melalui mendongeng, diharapkan akan terjalin kedekatan dengan baik antara anak dan orang tua, komunikasi antara orang tua akan terjadi harmonisasi di lingkungan keluarga, serta menciptakan karakter perilaku anak. Jadi marilah para orang tua mulai menggiatkan budaya mendongeng kepada anak. (Puji Purwanto-19)

Berita Lainnya