08 Desember 2017 | Fokus Jateng

Mikom Undip Raih Akreditasi

SEMARANG- Magister Ilmu Komunikasi (Mikom) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Diponegoro, memperoleh akreditasi Adari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Capaian tersebut menunjukkan pengakuan terhadap kredibilitas Mikom Undip dalam penyelenggaraan dan pengelolaan program studi (prodi) magister. Dekan FISIPUndip, Sunarto, menyambut bahagia atas prestasi tersebut. Ia berharap prestasi ini bisa diikuti prodi magister lainnya di FISIP.

''Semua prodi di lingkungan FISIP Undip baik S-1 maupun S-2 ditargetkan harus mampu mendapatkan nilai terbaik saat diakreditasi,'' ujarnya. Dia menjelaskan, capaian prestasi tersebut sesuai target yang ditetapkan dalam indikator kinerja Undip. ''Kabar baik ini ke depan akan semakin memberikan kemudahan bagi alumni Mikom untuk berkarier di luar.

Apalagi akreditasi merupakan bukti dan jaminan kualitas lembaga penyelenggara pendidikan tinggi," tuturnya. Sementara itu, Turnomo Rahardjo, mantan Ketua Prodi Mikom FISIPUndip menginformasikan, selama ini kampus sangat memberikan perhatian pada mahasiswa agar mengikuti kompetisi komunikasi baik di tingkat nasional maupun internasional. ''Mahasiswa harus terus didorong kepercayaan diri dan kreativitas dalam meraih prestasi bidang komunikasi strategis maupun kebijakan media di luar,'' katanya.

Pakar komunikasi budaya ini menambahkan, kebijakan pembinaan prestasi mahasiswa tersebut juga dalam rangka mempersiapkan borang akreditasi, sehingga mampu memperoleh nilai terbaik seperti yang telah dicapai. "Perolehan hasil akreditasi ini menambah deretan prestasi prodi Mikom, karena sebelumnya kami meraih berbagai prestasi bergengsi," ungkapnya.

Kualitas Dosen

Adapun capaian prestasi internasional yang telah diraih mahasiswa Mikom Undip antara lain juara Police Movie Festival yang digelarSekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta pada 2014, Djarum Foundation Ciptakan Fandom Badminton Indonesia, The 1st PR Indonesia Summit and Awards (PRISA) pada 2016 di Bali.

Selain prestasi mahasiswa, menurutnya, Mikom juga sangat menaruh perhatian pada pengembangan kualitas riset dosen selama 2014-2016. Itu bisa terlihat dari dana penelitian yang dialokasikan Rp 534.465.000. Sementara untuk kegiatan pengabdian masyarakat dalam waktu yang sama, dana yang disediakan Rp 75.750.000.(J9-27)

Berita Lainnya