08 Desember 2017 | Fokus Jateng

Sarana Rusak Segera Diperbaiki

WONOGIRI- Pemkab Wonogiri segera memperbaiki sejumlah sarana dan prasarana (sapras) vital yang rusak akibat banjir dan tanah longsor. ‘’Hari ini kami bersama jajaran sudah langsung melakukan perbaikan,’’ kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, kemarin. Penegasan itu disampaikan ketika mengadakan dialog dengan korban bencana di Dusun Kajuman, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Kedatangan di Dusun Kajuman berkaitan dengan bencana tanah longsor yang mengancam permukiman 18 keluarga. Dialog dipandu Camat Manyaran, Imam, didampingi para perangkat desa. ‘’Pemerintah akan senantiasa hadir memberikan peran dalam penanganan kerusakan akibat bencana alam,’’ kata Bupati. Langkah awal perbaikan sapras infrastruktur yang rusak akan menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Wonogiri Rp 1,9 miliar.

‘’Ini merupakan upaya konkret Pemkab dalam menyikapi percepatan penanganan pascabencana,’’ ungkapnya. Terkait dengan penanganan pascabencana, Bupati Joko Sutopo, membentuk dua tim secara pilah. Tim pertama, bertugas menyiapkan kajian penghitungan nilai taksir kerugian akibat bencana alam, sedangkan tim kedua bertindak secara darurat langsung melakukan percepatan perbaikan pada infrastruktur vital yang rusak.

Anggota Komisi VIII DPR-RI, Endang Maria Astuti mengatakan, untuk penanganan rekonstruksi sapras infrasruktur dan bangunan lain yang rusak karena bencana alam, Pemkab dapat mengajukan permohonan bantuan ke Pemprov Jateng dan pusat. Termasuk dalam hal ini ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). ‘’Karena untuk itu membutuhkan dana besar,’’ kata Endang Maria Astuti.

Kerja Bakti

Dihubungi secara terpisah, anggota DPRD Wonogiri, Yokanan Supriyanto menyerukan agar masyarakat bersama pamong desa dan lembaga terkait, langsung melakukan perbaikan kerusakan bencana yang dapat dikerjakan melalui kerja bakti massal.

Seruan ini disampaikan setelah meninjau kerusakan prasarana jalan akibat longsor di Dusun Banasan Desa Bero, Kecamatan Manyaran. Kerja bakti dan penyerahan bantuan kepada korban bencana alam, dipimpin Camat Jatisrono, Yogik Tribiakto bersama Danramil- 14 yang diwakili Serda Lasto, di Dusun Sugihan, Desa Pandeyan, Kecamatan Jatisrono. Bantuan diberikan kepada Mulyono, Ny Sarijem, dan Maridi, yang rumahnya rusak karena terkena longsor.

Di Dusun Sugihan, Desa Pandeyan, Kecamatan Jatisrono, diadakan kerja bakti penanganan bencana longsor. Kegiatan ini melibatkan enam anggota Koramil- 14 Jatisrono yang dipimpin Pelda Suyata, bersama anggota Sakawira Pramuka, pamong desa, dan masyarakat. Anggota Koramil-01 Wonogiri pimpinan Kapten (Inf) Tono bersama Serka Triyanto, memprakarsai kerja bakti di lokasi longsor Dusun Kolontoko, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri.

Bersama pamong desa dan masyarakat, dilakukan perbaikan jalan dan rumah yang rusak akibat dari dampak tanah longsor. Kerja bakti massal juga dilakukan masyarakat Desa Bulurejo dan Kulurejo, Kecamatan Nguntoronadi. Camat Nguntoronadi, Sriyono, bersama aparat Koramil dan Polsek, memimpin kerja bakti untuk membantu korban banjir dan longsor.(P27-27)

Berita Lainnya