08 Desember 2017 | Suara Banyumas

Populasi Durian Capai 182.854 Pohon

  • Besok Festival Durian Lokal

PURWOKERTO- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan KP) Kabupaten Banyumas, mencatat saat ini populasi pohon durian se-kabupaten mencapai 187.854 pohon dengan produksi mencapai 30.948 kuintal per tahun. "Melihat potensi ini, kami bersama dengan kelompok petani durian rencananya, Sabtu-Minggu besok bakal menggelar festival durian lokal di Alun-alun Banyumas," kata Kepala Dinpertan KP Pemkab Banyumas, Widarso, Kamis (7/12).

Menurut Widarso, buah durian kini sudah menjadi salah salah satu komoditi buah unggulan di Kabupaten Banyumas. Varitas yang berkembang, meliputi viarietas kromo, cane dan lokal. Varitas kromo tersebut, kata dia, oleh masyarakat sering disebut jenis Duren Montong atau Duren Bawor. Jenis duren ini berpusat di Kecamatan Kemranjen dan telah menyebar ke sejumlah kecamatan sekitar.

Seperti Kecamatan Sumpiuh, Tambak, Somegede, Banyumas dan Kebasen. Terkait festival durian lokal tersebut, katanya, bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk durian unggulan Banyumas ke pasar lokal maupun regional. ”Dengan kegiatan ini akan tercipta forum antara pihak yang berkompeten dan menekuni atau yang berkecimpung di bidang agribisnis durian untuk bersama sama meningkatkan kualitas durian lokal dan membuka peluang pasar serta akan terjalin jejaring usaha," ujar dia.

Bagi pecinta durian, lanjut dia, juga bisa melihat,memilih dan membeli langsung berbagai jenis durian lokal langsung dari petani atau kelompak tani duren. Dia menegaskan, dalam even itu, tidak ada makan duren gratis atau makan sepuasnya, seperti yang dilakukan di daerah lain. Pengunjung bisa bertransaksi langsung dengan petani, dengan harga yang lebih murah(G22-19)

Berita Lainnya