07 Desember 2017 | Ekonomi - Bisnis

VNL-Kemenkominfo Bangun Desa Digital

JAKARTA- Penyedia peralatan dan telekomunikasi asal India, Vihaan Networks Limited (VNL) menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk membangun ”desa digital” di Indonesia timur. Pada tahun depan, desa yang disasar mencapai 2.500 yang meliputi wilayah Sulawesi dan Papua. ”Kami ingin membantu mewujudkan impian digital Indonesia. Kami akan menyasar desa-desa terpencil di bagian Indonesia timur,” kata Direktur Pengembangan Bisnis VNLWilayah Asia Tenggara dan Oseania, Karun Kapil pada acara Indo- ASEAN ICT Expo 2017 di Jakarta, Rabu (6/12).

Untuk membangun ”desa digital”, VNL bakal menyediakan alat telekomunikasi yang dipasang pada tower BTS. Alat tersebut bisa terkoneksi langsung dengan satelit. Dengan demikian, masyarakat daerah terpencil tak perlu khawatir dengan peggunaan telepon seluler karena dijamin sinyal bakal tetap lancar. ”Untuk mengendalikan alat yang berada di tower juga mudah. Tak perlu naik ke atas setiap saat karena bisa dikendalikan melalui remot,” jelasnya.

Selain itu, VNLjuga menjalin kerja sama dengan perusahaan operator telekomunikasi seluler, PTXLAxiata atau XL untuk menyediakan proyek serupa di 33 desa di Papua dan Sulawesi tahun. ”Langkah ini memang tergolong kecil, namun cukup signifikan untuk menjembatani kesenjangan digital di Indonesia. Kami berharap ke depan bisa menyasar lebih banyak lagi daerah-daerah terpencil di Indonesia,” ungkapnya.

Selain dengan XL, ada dua operator lagi yang berminat, yaitu Telkomsel dan Indosat. Namun sampai saat ini keduanya belum memberikan keputusan kapan untuk bekerjasama. ”Keduanya masih trial,” imbuh Karun.(K4-74)

Berita Lainnya