07 Desember 2017 | Edukasia

Pemilu Raya Mahasiswa Melatih Jiwa Kepemimpinan sejak Dini

SEMARANG- Melatih jiwa kepemimpinan harus diajarkan sedini mungkin, terutama di kalangan mahasiswa. Sebab, ke depan, mahasiswa adalah calon pengisi dan penjunjung demokrasi. ’’Pada masa mendatang, mahasiswa akan tampil sebagai pemimpin bangsa, baik di kancah derah maupun nasional.

Jadi mulai sekarang harus terus diasah kemampuan kepemimpinannya dengan berbagai kegiatan,’’ ungkap Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dr Muhdi SH MHum, saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Pemilu Raya Mahasiswa (Pemira), di halaman gedung utama kampus UPGRIS Jl Lontar Semarang, Rabu (6/12). Muhdi menegaskan, Pemira juga penting sebagai bekal keterampilan nonakademik. ”Pemira ini juga melatih jiwa kepemimpinan para mahasiswa sehingga mereka sudah siap ketika harus berhadapan dengan dunia kerja yang menuntut jiwa kepemimpinan,” ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Muhdi juga menyatakan agar semua pihak, baik yang kalah maupun yang menang, dapat menerima apa pun hasil pemilihan tersebut. Sebab, panitia juga sudah bekerja keras untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. ’’Kalah menang itu hal biasa. Kami berharap setelah selesai pemilihan kedua belah pihak bisa saling bergandengan demi kemajuan kampus,’’tandasnya

Sambut Positif

Rektor juga menyambut positif penggunaan sistem online dalam Pemira tahun ini. Diharapkan dengan sistem ini jumah mahasiswa yang ikut memilih lebih banyak. ’’Sebab, dengan fasilitas online ini tentu lebih mudah karena bisa dilakukan di mana saja,’’ jelasnya.

Sementara itu, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPGRIS Kabinet Pandawa (2017) Muhammad Zaki mengajak seluruh mahasiswa yang masih memiliki hak pilih untuk memberikan suaranya pada Pemira kali ini. Tahun lalu, dari total jumlah mahasiswa UPGRIS sebanyak 12.000 yang menggunakan hak pilihnya hanya 4.000 mahasiswa.

’’Kami berharap tahun ini meningkat menjadi 8.000 dengan adanya pemilihan sistem online ini,’’jelasnya. Tercatat ada dua pasangan calon presiden dan wakil presiden BEM. Pada nomor 1, tampil pasangan Dimas Zulfikar Faiz dan Musa Al Murtadho, dengan calon sekjen Kabul Nurrochmaan, nomor 2 pasangan Masluri dan Jatmiko.(G2-49)

Berita Lainnya