image
03 Desember 2017 | Her Spirit

Segar dan Menawan

Mempertahankanusaha lebih sulit daripada memulainya. Menyadari hal itu Jessica Susanto, pemilik Boenga Florist, vendor rangkaian bunga ternama di Semarang, memutar otak dan terus berusaha mengerti keinginan setiap pelanggan.

“Mempertahankan sebuah bisnis bagi saya lebih sulit daripada memulainya. Karena itu, saya selalu menjalin hubungan yang baik dengan para customer dan berusaha mewujudkan setiap permintaan pelanggan sesuai dengan selera mereka,” tutur Jessica. Tak hanya dari sisi pelanggan, Jessica juga harus memperhatikan kualitas bunga yang ia ambil dari supplier. Selektif dalam memilih supplier menjadi kiat bagi Jessica untuk menjaga kualitas bunganya segar dan menawan.

“Saya juga cukup selektif dalam memilih supplier. Saya pastikan memilih supplier yang terbaik untuk mendapatkan bunga segar kualitas tinggi. Tak lain agar pelanggan puas dengan bunga cantik yang mereka beli dari Boenga Florist,” ujar perempuan yang gemar travelling ini. Tepat dalam memilih supplier juga menjadi rahasia Jessica untuk mendapatkan bunga yang tak mudah layu. Usia bunga potong yang cenderung singkat membuat Jessica agak kewalahan jika bunganya tak habis terjual. Hal ini tentu membuatnya harus rela membuang bunga yang sudah layu.

Ketepatan dalam memilih supplier tentu menjadi kunci untuk mendapatkan bunga dengan kualitas tinggi yang tak mudah layu, sehingga dapat bertahan lebih lama. “Boenga Florist memiliki supplier dengan bunga kualitas terbaik. Karena itu, pelanggan tak perlu khawatir akan mendapatkan bunga yang jelek atau layu. Semua bunga yang Boenga Florist sediakan adalah bunga-bunga segar,” ungkap Jessica yakin.

Selain customer dan supplier, ada hal lain yang menjadikan kunci mempertahankan sebuah usaha, yakni cara pemasaran. Selama ini Jessica gesit memasarkan rangkaian bunganya di media sosial.

Baginya media sosial adalah pasar besar dan katalog gratis yang dapat diakses oleh siapa pun. Melalui media sosial, pelanggannya banyak berdatangan. “Media sosial memiliki andil besar bagi Boenga Florist. Akun instagram Boenga Florist yang bernama @boenga_florist telah menjadi katalog bunga-bunga yang pernah kami rangkai dan jual. Dan tentu saja dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan untuk memesan rangkaian bunga spesial sesuai dengan selera,” tutup Jessica bersemangat.( 58)

Teks :Dhaneswari Tiara
Foto dan Busana :Jessica Susanto

Berita Lainnya