image
03 Desember 2017 | Rileks

”Chrisye”, Film Biopik Musik yang Dinantikan

  • Oleh Dhaneswari Tiara

NamaChrisye sudah sangat melegenda di tanah air. Bahkan usai pria bernama asli Hendra Christian Rahadi ini wafat pada 30 Maret 2007 lalu namanya terus terngiang dan karya-karyanya masih saja dinikmati hingga saat ini. Jika selama ini penggemar hanya dapat mengobati kangen dengan mendengarkan musik-musiknya, tak lama lagi film biopik seorang Chrisye akan tayang di layar lebar untuk menuntaskan kerinduan penggemar. Film garapan Rizal Mantovani ini menceritakan tentang dimulainya perjalanan hidup Chrisye saat mendapatkan tawaran untuk bermain musik di New York tahun 1973.

Keputusan yang tak mudah bagi Chrisye, karena selain tak mendapat restu dari orang tuanya Ia pun harus meninggalkan bangku kuliah. Kisah dimulai pada tahun 1970-an hingga 1990-an, romantisme pernikahannya dengan Damayanti Noor menciptakan babak baru dalam kehidupan pelantun tembang ”Kisah Kasih di Sekolah” ini.

Secara keseluruhan film yang akan tayang 7 Desember 2017 mendatang akan mengisahkan perjalanan hidup Chrisye yang tak terekspos kamera dari sudut pandang Damayanti Noor. Selain itu, akan dibahas pengaruh lagu-lagu dalam kehidupan seorang Chrisye.

Lagu-lagu tersebut didasarkan pada pengalaman pribadi sang legenda yang dikemas secara ringan dan menarik. Film berdurasi dua jam tiga belas menit ini diperankan oleh aktor kenamaan Vino G Bastian sebagai Chrisye dan Velove Vexia sebagai sang istri, Damayanti Noor. Pemilihan Vino G. Bastian sebagai pemeran utama bukan tanpa alasan. Sang Produser Toha Essa mantap memilih Vino karena hanya Vino yang dirasa cocok untuk ‘menghidupkan’sosok Chrisye kembali ke hadapan penggemar.

Senada dengan Toha, Damayanti Noor pun menilai sosok Vino sangat tepat untuk memerankan karakter sang suami. Yanti Noor menuturkan Vino seperti sudah ditakdirkan memerankan tokoh Chrisye. Pada sebuah kesempatan Damayanti Noor beserta keluarganya menghadiri proses preview editing film Chrisye. Ia tak kuasa membendung air mata saat melihat aksi Vino yang mengingatkan akan mendiang suaminya. Bagi Damayanti dan anak-anaknya di dalam film Chrisye ini Vino as Chrisye, Vino is Chrisye.

Film juga dibintangi sederet aktor papan atas Indonesia seperti Ray Sahetapy, Ayu Dyah Pasha, Fuad Idris, serta anak kandung Chrisye, Pasha Chrismansyah. Demi perannya sebagai musisi ikonik, Vino harus rela menurunkan berat badan agar tampak serupa dengan sosok Chrisye. Vino dituntut kurus untuk dapat memerankan tokoh Chrisye dengan sempurna.

“Untuk Program pengurusan memang ada, tapi enggak terlalu kurus juga,” ujar Vino saat jumpa pers di rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan sebelum proses syuting Februari lalu. Lelaki yang pernah sukses memerankan tokoh kasino di Warkop DKI Reborn ini mengungkapkan bahwa ia sempat terlalu kurus sehingga justru tidak mirip dengan sosok Chrisye.

Beruntung, Vino mampu mengatasi masalah tersebut dan membuktikan profesionalitasnya tidak hanya soal fisik namun juga kemampuan akting. Sampai saat ini tak terlalu banyak film tentang musik yang mengangkat kisah hidup sang musisi. Pada 2012 lalu ada film berjudul Marley yang menceritakan kehidupan legenda reggae, Bob Marley.

Selanjutnya ada Get on Up (2014) yang mengangkat kisah hidup mendiang musisi paling berpengaruh di Amerika pada era 60-an, James Brown. Belum lama ini juga tayang film bertajuk Wage (2017) tentang sejarah hidup Wage Rudolf Supratman. Kemunculan Film Chrisye sendiri diharapkan dapat menjadi pemantik untuk merebaknya film-film berbau musik yang berkualitas.(63)

Berita Lainnya