image
03 Desember 2017 | Her Spirit

Siluet Keberagaman

Merayakanulangtahunnya yang kedua, Hartono Mall Yogyakarta menggelar acara bertajuk ”Wonderful 2nd Anniversary” yang digelar pada 24 - 26/11 lalu. Selebrasi yang dimeriahkan grup band Gigi dan penyanyi Marcell tersebut, juga dihiasi parade fesyen dari beberapa desainer ternama.

Mereka adalah Deden Siswanto, Lia Mustafa, Afif Syakur, Phillip Iswardono, Wening, Defika, Luffi, Murdika, Dani, Dewi, dan Gregorius Vici dari IFC (Indonesian Fashion Chamber) chapater Semarang. Dalam kesempatan tersebut Vici menampilkan koleksi ready to wear cocktail bertema ”Resplendant Heritage”.

Sesuai dengan namanya, koleksi tersebut merupakan busana wanita berpotongan modern dengan menggunakan kain nusantara. Inspirasinya memang dari keanekaragaman yang dianggap sebagai tren baru. Karena saat ini tren tidak hanya terpaku pada satu hal yang sama atau merujuk pada sebuah stereotype tertentu, namun mengacu pada keberagaman karakter, mengarah pada style atau gaya seseorang secara personal. Sehingga ia pun merasa bebas dalam berkarya dan menciptakan tren itu sendiri.

”Untuk inspirasi saya kali ini adalah keanekaragaman budaya, dan saya mendesain sebuah siluet yang tampak berbeda-beda, untuk karakter yang berbeda pula,” ujarnya. Hal tersebut terlihat dari siluet-siluet kook, H-line, A-line dan payung, dengan detail aplikasi payet dan bordir, yang didominasi warna hitam, putih dan warna alam batik (sogan).

Kain tradisional Indonesia, terutama batik, merupakan material yang tak pernah luput sebagai tokoh utamanya. ”Batik yang saya gunakan kali ini dengan tema kekayaan Nusantara, yang mana terdapat beberapa motif flora fauna khas Indonesia,” tutur Vici. Sehingga menghasilkan tampilan yang memadupadankan keanekaragaman, keindahan dan feminitas nusantara, dalam busana yang bersifat universal dan modern, dengan cirikhas Indonesia(63).

Teks:Irma Mutiara Manggia
Foto:Egi Santoso

Berita Lainnya