26 November 2017 | Layar

Kabar Jawa Tengah Siang

Mahasiswa FKES Lakukan PBLdi Limbangan

  • Hari : Selasa Pukul: 11.00 WIB

KESEHATANadalah hal krusial dalam kehidupan, tidak terkecuali untuk warga di daerah pedesaan. Hal inilah yang mendorong Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar kegiatan program Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di Desa Pagerwojo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Sejumlah 103 mahasiswa semester 5 yang terlibat akan melakukan pendampingan dan memberikan penyuluhan terkait kesehatan di desa tersebut selama 10 hari. Selasa (21/11) lalu acara ditandai dengan pelepasan dan penyambutan mahasiswa di Balai Pertemuan Desa Pagerwojo, yang dihadiri langsung oleh camat Limbangan, kepala desa Pagerwojo, dan sekretaris dekan Fakultas Kesehatan Udinus.

Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Udinus DR Mg. Catur Yuantari SKM MKes menjelaskan, program PBL merupakan kegiatan rutin yang digelar untuk mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat semester 5.

Harapannya mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diserap selama kuliah dan dapat memetakan masalah kesehatan di desa tersebut, serta mencarikan solusinya. Kegiatan PBL disambut hangat oleh Pemerintah Kabupaten Kendal.

Diakui Camat Limbangan Widodo dan Kepala Desa Pagerwojo Andik Budi yanto, kesadaran masyarakat soal kesehatan masih sangat rendah sehingga membutuhkan edukasi tentang kesehatan lingkungan.

Utamanya dalam hal buang air besar, hanya 40 persen masyarakat di desa tersebut yang mempunyai jamban. Pun halnya dengan kebersihan lingkungannya. Untuk itu kehadiran mahasiswa Udinus ini diharapkan dapat memberikan perubahan positif bagi masyarakat Pagerwojo. Saksikan berita lengkapnya dalam Kabar Jawa Tengah Siang, Selasa (28/11) pukul 11.00 WIB.(Sofie-63)

Berita Lainnya