24 November 2017 | Suara Muria

Kartu E-Retribusi Pasar Siap Dibagikan

KUDUS- Sebanyak 2.754 kartu e-retribusi untuk Pasar Kliwon siap dibagikan kepada pedagang. Kartu yang dicetak oleh Bank Jateng ini akan segera diterapkan di Pasar Kliwon Kudus. ”Pencetakan kartu ini sebagai tindak lanjut program e-retribusi yang digagas oleh Pemkab Kudus dengan menggandeng Bank Jateng, ” kata Kasi Pendapatan, Ketertiban dan Kebersihan Pasar pada Dinas Perdagangan Kudus, M Kaden kemarin.

Untuk tahap awal, e-retribusi baru diterapkan di Pasar Kliwon karena jumlah pedagangnya paling besar dan skala pasarnya juga terbesar di Eks-Karsidenan Pati. Selama ini, sistem pembayaran di Pasar Kliwon juga sudah dibayarkan sistem bulanan, sehingga lebih tertib. ”Pasar Kliwon kali ini jadi percontohan untuk program eretribusi,” katanya.

Sesuia rencana, penerapan eretribusi Pasar Kliwon dimulai bulan November ini. Namun, petgas masih menunggu kesiapan alat, terutama mesin EDC dari bank yang digunakan untuk menempel kartu saat pembayaran.

Tidak Benar

Dalam kartu eñretribusi ini, lanjut Kaden, pedagang hanya mengisi saldo saja dan tidak terkena biaya atau potongan apapun. Bila kartu hilang, maka kartu itu tidak bisa digunakan oleh orang lain. Namun pedagang dapat meminta ganti kartu lagi dari Bank Jateng sesuai mekanisme yang telah ditentukan. Dengan kartu ini, pedagang juga tidak harus memiliki rekening di Bank Jateng.

”Jadi, kekhawatiran pedagang mengenai biaya-biaya yang dibebankan kepada pedagang atas kartu ini tidak benar,” ungkapnya. Dengan sistem retribusi elektronik ini, pedagang pasar tinggal menempelkan kartu ke mesin M-Pos Bank Jateng untuk melakukan pembayaran retribusi. Pedagang nanti menerima struk bukti pembayaran. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kekosongan saldo pada kartu e-retribusi, Bank Jateng akan berkoordinasi dengan petugas pasar untuk mengingatkan kepada para pedagang.

”Kalau petugas pasar sudah siap dengan sistem ini. Jadi tidak ada masalah,” ungkapnya. Dengan penerapan e-retribusi, Pemkab Kudus mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya adalah mempermudah proses administrasi, mempermudah penyusunan laporan, meminimalisir pungutan liar, dan menghindari terjadinya transaksi uang palsu.(H76-52)

Berita Lainnya