image

SM/Susanto - MASIH BUKA TUTUP : Arus lalu lintas di jalur Wangon Bandung di Kedunggede, Lumbir masih diberlakukan buka tutup karena longsor sejak seminggu lalu. (19)

21 November 2017 | Suara Banyumas

Longsor Lumbir Terus Ditangani

BANYUMAS- Dua titik jalan nasional yang longsor di Wangon- Bandung yang berada di Desa Kedunggede, Kecamatan Lumbir terus ditangani oleh para pekerja. Warga berharap penanganan longsor jalur nasional ini dapat berjalan lancar. Sekretaris Desa Kedunggede, Wahyu Widodo mengharapkan penanganan longsor ini dapat berjalan lancar. Konstruksi bagian jalan di lokasi longsor diharapkan dapat diperkuat sehingga kerusakan jalur nasional ini dapat ditekan.

Apalagi lokasi jalur longsor ini berada di atas gorong-gorong jalan nasional. "Jangan sampai lokasi longsor yang baru di dekat perbatasan Kabupaten Cilacap ini kembali longsor sebagaimana terjadi titik lokasi longsor yang ada sebelumnya. Makanya konstruksi bangunan ini harus benar-benar kuat," jelasnya.

Dijelaskan Widodo, jalur nasional di wilayah Lumbir khususnya yang berada Desa Kedunggede merupakan wilayah rawan tanah longsor. Selama beberapa tahun terakhir, kejadian tanah longsor di jalur nasional terjadi di sejumlah titik di Desa Kedunggede. Bahkan satu rumah warga terpaksa dikosongkan hingga sekarang.

"Selain di lokasi longsor yag baru ini, lokasi longsor yang lama juga telah dipasangi pancang beton. Tetapi ternyata di bagian lainnya juga mengalami longsor kembali sehingga sekarang juga sedang ditangani lagi," ujarnya.

Warga Desa Kedunggede, Leman mengatakan sejak mengalami longsor itulah, arus lalu lintas dua titik jalan longsor inilah terus diberlakukan sistem buka tutup. Sejumlah warga terus berjaga siang dan malam di dua lokasi jalan tersebut. "Apalagi jalur nasional yang ramai dilintasi oleh banyak kendaraan dari arah Bandung atau Yogyakarta ini juga terbilang rawan kecelakaan. Makanya di dua lokasi jalur yang sedang ditangani ini juga terus dijaga warga," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, arus lalu lintas di dua titik jalan nasional di Desa Kedunggede, Kecamatan Lumbir sejak seminggu lalu dilaksanakan sistem buka tutup. Lokasi jalan tersebut mengalami longsor berurutan. Titik jalan yang longsor terbaru terjadi Senin (13/11) malam. Kondisi jalan nasional tersebut dalam kondisi terancam putus, karena separuh jalan telah longsor.(K37-19)

Berita Lainnya