image
19 November 2017 | Rileks

Perjalanan ”Keluarga Tak Kasat Mata”

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Berangkat dari curhatan iseng dalam forum Stories From The Heart di Kaskus, forum diskusi daring terbesar di Indonesia, Bonaventura Danendra Genta membagikan kisahnya dengan tajuk ”Keluarga Tak Kasat Mata”.

Cerita ini mengisahkan pengalaman nyata seorang Genta tentang hal-hal mistis yang ia dan kawan-kawannya alami di bekas perusahaan tempatnya bekerja.

Berkat metode penceritaan yang mengalir dan detail cerita yang jelas seperti lokasi, waktu dan orang-orang yang terlibat membuat cerita ini begitu popular. Sejak diunggah pada 20 Maret 2016 cerita ”Keluarga Tak Kasat Mata” telah tembus 10 juta page view.

Kisah ini diawali dengan berpindahnya kantor tempat Genta bekerja ke sebuah rumah tiga lantai di Jalan Magelang, Yogyakarta. Di bangunan itu lah gangguan kecil hingga teror-teror penuh pesan dialami Genta dan seluruh karyawan yang berada di sana.

Genta menyadari ada mahkluk tak kasat mata di sana yang ingin menyampaikan sesuatu. Karena kepopularan ”Keluarga Tak Kasat Mata”, pada 7 Juni 2016 kisah ini dikemas dalam bentuk novel oleh penerbit Gagas Media.

Tak butuh waktu lama untuk membuat novel ini menjadi best sellerSama seperti saat masih beredar di media daring, novel fisiknya pun menjadi buruan pecinta horor. Ternyata perjalanan ”Keluarga Tak Kasat Mata” tak berhenti di Kaskus dan novel semata. Cerita fenomenal ini akan kembali ke hadapan penggemarnya dalam bentuk yang lebih nyata yakni film layar lebar.

MAX Pictures bekerja sama langsung dengan sang penulis, Genta mengemas cerita menegangkan ini ke dalam gambar bergerak. Genta dilibatkan langsung demi mendapatkan film yang sesuai dengan kenyataannya. Genta mengaku cerita hampir semua sesuai dengan kisah aslinya.

”Ceritanya tujuh puluh persen (dengan cerita di Kaskus), tapi tiga puluh persen berdasarkan pendalaman lagi,” bocor Genta dalam acara Media Gathering yang berlangsung di Duren Tiga, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Genta menambahkan Ia sempat mendapatkan beberapa tawaran untuk memfilmkan kisahnya bahkan sebelum ia rampung menuliskannya.

”Waktu nulis cerita, banyak penawaran untuk membuat film. Tapi saya ingin menyelesaikan ceritanya terlebih dahulu. Akhirnya saya pilih mana yang konsepnya paling dekat dengan cerita saya,” ujar Genta menambahkan.

Memenuhi Ekspetasi

Berkaitan dengan konsep cerita versi Genta, Ia menyebutkan film ini cukup memenuhi ekspektasinya. ”Fokus utamanya tetap pengalaman-pengalaman yang terjadi, Mengapa masih di kantor? Mengapa masih bertahan di kantor itu? Ya, Sebagian besar masih sama,” tutur Genta.

Trailer film yang sudah beredar di kanal youtube menampilkan suasana yang mencekam, di mana sosok wanita yang ada di dalam mobil merasa ketakutan.

Di akhir muncul sosok hantu nenek renta dengan suara lirih mengucapkan bahasa jawa, ”Kulo nyuwun tulung” yang berarti ”Saya minta tolong.” Produser Max Pictures, Ody Mulya mengungkapkan trailer film Keluarga Tak Kasat Mata dibuat atas dasar dialog dengan para anggota keluarga tak kasat mata. Untuk itu Ia berharap trailer ini dapat mewakili filmnya.

Film Keluarga Tak Kasat Mata akan dibintangi para pemain yang tengah naik daun seperti Deva Mahendra, Aura Kasih, Wizzy, Miller Khan, Gery Iskak hingga Tio Pakusadewo. Pengambilan gambar sendiri akan dilakukan di Yogyakarta, Bogor dan Jakarta.

Film garapan sutradara Hedy Suryawan ini akan berada dalam deretan film horor yang dinantikan akhir tahun ini. Tak sabar ingin menikmati kisah Genta dengan format yang lebih hidup? Keluarga Tak Kasat Mata tayang di bioskop 23 November 2017.(63)

Berita Lainnya