image
19 November 2017 | Ekspresi Suara Remaja

Diskusikan Milenial dan Dunia Digital

HIMPUNANMahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi Universitas Diponegoro kembali menyelenggarakan wadah diskusi "Idea Talks". Acara yang membahas generasi milenial dan peluang menciptakan perubahan itu berlangsung Sabtu (11/11).

”Idea Talks” terbagi jadi tiga sesi. Yang pertama ialah thinking session oleh pendiri phinemo.com, Faiz Jazuli. Rilis per 2015, phinemo.com merupakan laman yang menyajikan serba-serbi pariwisata.

Dalam pengembangannga, Faiz yang merupakan jebolan S-2 jurusan Komputasi Institut Teknologi Bandung ini mengaku banyak terbantu oleh proses digital. ”Karena phinemo.com merupakan konten digital, kami bisa leluasa mengoptimalkan data.

Sebuah artikel, misalnya, akan kami keluarkan dengan beberapa alternatif judul. Nantinya data akan menunjukkan judul mana yang lebih menarik minat pembaca,” ujar Faiz. Setelah tanya-jawab bersama Faiz, ”Idea Talks” memasuki sesi kedua yaitu mindsetting session.

Dalam sesi yang menghadirkan tiga pembicara ini, perintis qappas.com Donni Renaldy didaulat menjadi pemateri pertama. ”qappas.com adalah perwujudan mimpi saya untuk memajukan produk lokal dan kewirausahaan nasional,” tutur alumni Manajemen Universitas Diponegoro tersebut.

Sebagai wadah satu pintu yang menghubungkan pelaku usaha dengan berbagai aplikasi perdagangan elektronik (e-commerce) sekaligus, kini qappas.com telah bermitra dengan Bukalapak, Elevania, Lazada, dan lainlain.

Setelah Donni, giliran Ernest Christoga mengisi panggung. Di hadapan 250-an peserta, Vice President Semarang Culinary Professional ini membocorkan rahasia suksesnya dalam mendirikan beberapa restoran.

Ernest menjelaskan, menjadi entrepreneur berarti harus bisa mengendalikan berbagai tugas sekaligus. Dalam kasusnya, ia menjadi konseptor, manajer, sekaligus chef di restorannya. Namun, lama kelamaan Ernest menyadari bahwa ia tak bisa memegang kendali seorang diri. ”Karena kerepotan saya mulai cari jalan keluar.

Ternyata, solusi terbaik adalah berkolaborasi dengan teman-teman di sekeliling saya,” cetus pemilik Nestcology serta Nestco the Bistro itu. Berkat kolaborasi itu, Ernest dan kawan-kawannya berhasil membangun resto Jendela, Antarakata, dan Kovesop.

Manfaatkan Teknologi

Selain ”memanfaatkan” teman, bahasan hangat dalam sesi kedua ialah pemanfaatan teknologi. Pembicara ketiga, pemilik kedai Loffle Pop Up Dessert Yogamuda mengaku, teknologi memudahkannya dalam mengembangkan Loffle. Dari sisi pemasaran, misalnya. Juga dokumentasi, bahkan urusan keuangan. Kecuali itu, Yoga tak henti berinovasi.

”Loffle mungkin tidak menyediakan dessert paling enak atau termurah. Tapi kami selalu punya cara membikin pelanggan kembali lagi. Salah satunya dengan tak melulu menawarkan menu, tapi juga experience (pengalaman),” kata pria berkacamata itu.

”Idea Talks” ditutup dengan sesi Creat(iv)e oleh Christian Sugiono. Artis sekaligus inisiator situs malesbanget.com ini jauhjauh datang dari ibu kota untuk mengajak peserta belajar menciptakan ide kreatif, berikut cara-cara mengimplementasikannya.

Secara umum ”Idea Talks” diharapkan bisa membuka pikiran generasi milenial untuk berani menciptakan perubahan, meski hanya lewat genggaman tangan. Idea Talks ”Milenials: Be Creative and Impactful on the Digital Era” merupakan satu dari lima rangkaian acara Commweek 2017.

Empat acara lainnya ialah Kelas Kreatif, Commcup, Komusikasi, dan Local Market. Seminggu sebelumnya Kelas Kreatif ”Transmedia Story Telling: Keeping Up with the New Way of Storytelling” digelar pada 4- 5 November di Ruang Teater FISIP Undip.

Agenda yang membahas metode anyar public relation, yakni transmedia story telling itu menghadirkan Head of Public Affairs Ogilvy Aries Nugroho sebagai pemateri. Sementara itu, Komusikasi dan Local Market merupakan perpaduan acara musik sekaligus bazar produk.

Acara yang terselenggara pada 18 November 2017 di Pasar Raya Sri Ratu Semarang ini mengadirkan band lokal Semarang Beauty and the Beats dan penyanyi Nadin Amizah. Adapun Commcup adalah kompetisi futsal antar SMAse-Semarang yang diadakan pada 14-17 November di Stadion Futsal Undip.(Sofie Dwi Rifayani-63)

Berita Lainnya