image
12 November 2017 | Rileks

Album ”Play”, Bukti Eksistensi Sang Legenda

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Dua belas tahun berkarier dalam belantikan musik K-pop, Super Junior kembali dengan album baru bertajuk “Play” pada 6 November lalu. Debut pada 2005 dan berhasil mengantongi banyak penghargaan membuat Super Junior disebut-sebut sebagai legenda K-pop.

Kini, setelah dua tahun vakum Super Junior kembali menyapa ELF, sebutan untuk fans Super Junior dengan single One More Chance dan Black Suit. Single utama Black Suit berhasil menempati posisi pertama pada tangga musik digital Korea Selatan, Soribada.

Pencapaian ini dinilai Soompi sebagai hasil yang impresif mengingat ketatnya persaingan di antara grup K-pop muda. Dilansir dari Naver via Soompi, anggota Super Junior Leeteuk merasa bangga bisa promosi album bersamaan dengan grup muda. “Saya membaca sebuah artikel berjdul ‘Kericuhan Comeback’. Saya senang melihat artikel tersebut, karena Super Junior ternyata masih diperhitungkan.

Rasanya menyenangkan bisa berkompetisi bersama grupgrup idol yang masih aktif saat ini,” ujar Leeteuk. Selain itu Album “Play” turut memuncaki ranking iTunes Albums di 23 Negara dan iTunes Pop Album di 26 Negara. Tak hanya keberhasilan dalam album digital, penjualan album fisik pun memecahkan rekor penjualan albumalbum sebelumnya. “Play” sukses terjual lebih dari 100.000 kopi dalam waktu tiga hari.

Berinisiatif

Peluncuran album yang bertepatan dengan perayaan 12 tahun Super Junior membuat penggemar berinisiatif menciptakan tagar #ReadyTo- Play dan #12YearsWithSuper- Junior yang sempat menjadi trending topic dunia.

Mampu bertahan dalam usia 12 tahun dan tetap eksis merupakan prestasi tersendiri. Meski awalnya debut dengan 13 anggota, pada album “Play” ini hanya setengahnya yang berpartisipasi. Siwon tengah dibuk bermain drama “Revolutionary Love” yang kini sedang tayang di Negeri Gingseng. Dua personel lain yakni Ryeowook dan Kyuhyun tak bisa bergabung lantaran masih menjalani wajib militer. Sementara Kangin masih tersangkut kasus pribadi dan Sungmin memilih tak ikut serta dalam album ini.

Sedangkan Han Geng dan Kibum memutuskan keluar dari Super Junior. Meski tak lengkap, anggota yang tersisa yakni, Eunhyuk, Donghae, Shindong, Yesung, Heechul, dan Leeteuk telah berhasil memukau dan mengobati rasa rindu para ELF. Hal ini terbukti dari Video Musik Black Suit yang telah ditonton lebih dari 2,2 juta kali dalam kurun waktu kurang dari 20 jam.

Billboard.com menyebutkan bahwa meski tanpa beberapa vokalis utama dan termasuk grup senior, Black Suit membuktikan bahwa Super Junior tetap bisa menampilkan lagu dengan irama K-pop dance yang powerful. Bukan Super Junior bila tak menampilkan koreografi yang serempak. Kali ini, Tobias Ellehammer koreografer yang pernah bekerja untuk Justin Timberlake, Ariana Grande, Kylie Minogue, dan jason Derulo dipercaya untuk menciptakan koreografi untuk Black Suit.

Meski semua anggota Super Junior telah berusia di atas 30 tahun, mereka tetap energik saat melakukan koreografi baru tersebut. “Banyak orang yang khawatir bahwa dance akan membuat kami kelelahan karena kami sudah berusia 30-an. Kenyataannya, hal tersebut tidak terjadi, dan kami tetap menyajikan koreografi yang sesuai dengan gaya Super Junior,” sebut Eunhyuk yang dikutip dari Billboard.com.

Di Indonesia sendiri masih banyak band-band lama yang masih eksis di belantika musik tanah air. Sebut saja Slank, Sheila on 7, Gigi dan masih banyak lagi yang sampai kini masih aktif di atas panggung dan memiliki banyak penggemar setia.(63)

Berita Lainnya