05 November 2017 | Rileks

Romantisme Posesif

  • Oleh Sofie Dwi Rifayani

Aktor Adipati Dolken (26) pernah berjanji tak akan berlakon lagi sebagai anak SMA. Tahun ini, janji itu ia langgar. Namun, sepantasnya ia tak menyesal. Awal tahun ini, Adipati syuting film Posesif. Dia memerankan Yudhis, karakter anak SMAyang baru pindahan ke sekolah baru. Di sana Yudhis terpikat dengan Lala, seorang atlet loncat indah berparas manis. Semula kisah cinta mereka berjalan manis ala anak baru gede lainnya. Yudhis mengutarakan cinta, Lala menerima. Tetapi perlahan, segalanya berubah.

Tagline Posesif, ”Ini cinta pertama Lala. Yudhis ingin selamanya”, merangkum apa yang hendak dikisahkan film ini. Sebagai cinta pertama, wajar jika Lala berbunga-bunga bersama Yudhis. Terlebih jika tengah berduaan, Yudhis super romantis. Di sisi lain, keinginan Yudhis untuk bisa ”selamanya” dengan Lala membuatnya posesif. Tak pelak, Lala menjadi takut dan terancam. Di kehidupan sehari-hari, ada banyak ”Yudhis” dan ”Lala”. Sayangnya, posesif sebagai sisi kelam percintaan tidak banyak diangkat sebagai cerita.

Ihwal itu yang membuat Adipati tertarik berperan sebagai Yudhis. Lagi pula, meski berkisah tentang anak SMA, cerita film Posesif bisa jadi pelajaran bagi semua usia. Selain berkutat pada Yudhis-Lala, film tersebut memperlihatkan hubungan antara anak dan orang tua, baik itu Yudhis dengan ibunya (Cut Mini) maupun Lala dengan sang ayah (Yayu Unru). Sutradara Edwin membungkus unsur posesif dengan nyata hingga seakan penonton ikut merasakan perasaan para tokohnya. Kecuali bumbu romansa, Edwin menyajikan unsur suspense.

Penonton dibikin bergidik dengan adegan-adegan menegangkan saat sikap agresif Yudhis mulai di luar batas. Kombinasi genre romance-suspense ini menjadi yang pertama di film remaja Indonesia.

Nominasi FFI

Wajar jika Film Posesif bikin penasaran. Sebelum tayang serentak pada 26 Oktober, film ini lebih dulu diganjar 10 nominasi Festival Film Terbaik 2017. Di antaranya kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Utama Pria Terbaik.

Putri Marino, pemeran Lala, turut menjadi nominator Pemeran Utama Wanita Terbaik. Namanya disandingkan dengan nominator papan atas, yakni Dian Sastrowardoyo dan Adinia Wirasti. Di dunia hiburan, nama Putri mungkin tak asing. Perempuan kelahiran 1993 ini dikenal sebagai pembawa acara My Trip My Adventure sejak 2013 silam. Di ranah perfilman, film Posesif adalah pengalaman pertama Putri berakting.

Perdana membintangi layar lebar dan mendapat nominasi, bagaimana kualitas Putri? Perannya sebagai atlet loncat indah bukan tempelan belaka. Agar mendalami peran Putri harus mengikuti workshop bersama tim atlet loncat indah Jakarta selama satu bulan. Ya, meski hobi menyelam dan akrab dengan petualangan alam, loncat indah tetaplah hal baru baginya. Kecuali mampu menyuguhkan adegan loncat indah, Putri memerankan karakter anak SMAdengan apik.

Dia berhasil menampilkan Lala yang semula bahagia karena menemukan cinta pertama, lalu berubah tersayat-sayat mendapati sifat posesif sang kekasih. Melihat Lala membuat penonton paham bagaimana jika ada di posisinya. Posesif merupakan produksi perdana Palari Films. Film yang diracik oleh duet produser Muhammad Zaidy (Athirah.) dan Meiske Taurisia (Postcard from the Zoo) serta penulis skenario Gina S Noer (Habibie Ainun) itu memang terbukti jor-joran menampilkan sisi terbaiknya. Pun soal soundtrack, Posesif terasa ”dekat” lantaran menggandeng Sheila on 7, Banda Neira, Matter Halo, dan beberapa penyanyi lain.

Di lain pihak, perolehan Posesif di ajang FFI mengundang tanya komunitas wartawan dan kebudayaan serta kritikus film. Dalam undang-undang perfilman, kata mereka, tiap film yang diputar ke publik harus lulus sensor dan mengantongi Surat Tanda Lulus Sensor. Ternyata, Posesif baru lulus sensor sehari setelah diumumkan sebagai nominasi. Bagaimanapun, dengan atau tanpa nominasi itu film Posesif memberi gambaran baru tentang sisi lain kehidupan. Ada pesan moral yang bisa diambil dari film ini, tak hanya dari relasi antar pasangan tapi juga orang tua dengan anak.(63)

Berita Lainnya