image

Grup cewek Ideal of Idol (IOI) pemenang Produce 101 Season 1 pada 2016.

29 Oktober 2017 | Rileks

Karier Menjulang berkat Ajang Pencarian Bakat

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Sukses debut setelah memenangi program ajang pencarian bakat Produce 101 Seasons 2, kesebelas personel Wanna One siap comeback dengan album repackage. Pada Oktober 2017 ini akun resmi Wanna One telah meluncurkan teaser album 1-1=0 (Nothing Without You). Rilis dipastikan pada 13 November 2017 dengan tambahan beberapa lagu baru.

Kompetisi survival>Produce 101 Season 2 yang tayang di Mnet dari 7 April 2017 hingga 16 Juni 2017 telah membidani kelahiran Wanna One. Dari 101 trainee yang mewakili berbagai agensi, 11 orang dipilih penonton lewat voting dan diumumkan melalui siaran langsung televisi Dilansir dari Grid.ID melalui Naver, personel-personel Wanna One terlibat syuting untuk music video (MV) terbaru bersama anak-anak kecil yang mirip mereka.

Sebelumnya, lewat akun resmi Wanna One, boy band yang terdiri atas Kang Daniel, Park Ji Hoon, Lee Dae Hwi, Kim Jae Hwan, Ong seung Woo, Park Woo Jin, Lai Guan Lin, Yoon Ji Sung, Hwang Min Hyun, Bae Jin Young, dan Ha Sung Woon ini membuka audisi untuk mencari para littleWanna One guna keperluan video musik.

Album repackage ini digadanggadang akan menuai kesuksesan serupa album sebelumnya. Album pertama Wanna One, 1x1=1 (To Be One), menuai berbagai rekor dan prestasi. Satu jam setelah perilisan, lagu utama bertajuk ìEnergeticî menyapu bersih enam situs musik penting di Korea Selatan, yakni MelOn, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada.

Hits pertama ini juga menjadi lagu yang paling lama berada di tangga puncak MelOn Chart setelah menggunakan sistem baru. Sementara itu, lagu utama lainnya ìBurn It Upî, menduduki posisi kedua di MelOn, Genie, Bugs, dan Naver. Tiga lagu lainnya masuk di sepuluh besar situs-situs tersebut.

Musik video debut Wanna One pun tercatat sebagai music video yang paling banyak ditonton dalam 24 jam, hingga menobatkan mereka menjadi boy group pertama yang mendapat all kill debut di semua chart. Album yang berisi empat digital track dan tiga compact disk (CD) track itu diakui memiliki kualitas musikalitas tersendiri, bahkan bisa menarik perhatian non-kpopers.

Album dibuka dengan intro ìTo Be Oneî yang sangat impresif dengan dengan elemen hip hop berpadu rap yang kuat berdampingan dengan vokal penuh karakter. Sementara itu lagu ìBurn It Upî memadukan unsur hip hop dan electronic dance music (EDM) dengan sentuhan rap serta staccato. Meski terkesan edgy dan kuat Wanna One tetap mampu menyeimbangkan karakter tiap memberyang unik.

Curi Perhatian

Track ketiga ìEnergeticî yang dipilih sebagai lagu utama oleh para fans melalui sebuah vote ini merupakan lagu rhythm and blues (RnB) dengan paduan house music. Sementara itu, track keempat, ìWanna Be (My Baby)î berlirik lagu romantis dan cheesy yang menjadikannya lagu ini manis dan fun dibalut musik pop yang up beat.

Tidak hanya sukses secara digital, mini album 1x1=1 (To be One) mencatatkan angka penjualan 400.000 kopi dalam tujuh hari setelah dirilis. Angka penjualan ini membawa album itu ke peringkat ketiga untuk album yang paling laris pada satu minggu pertama setelah rilis serta posisi ketujuh untuk the most selling album secara global pada 2017.

Tidak heran, sejak menjadi peserta Program Survival Produce 101 Seasons 2, mereka telah mencuri banyak perhatian penonton. Sistem acara yang memberi masyarakat kesempatan memilih sendiri peserta yang akan debut menjadi idola membuat kesebelas pemenang acara ini menjadi bintang besar.

Sebelumnya pemenang Produce 101 Seasons 1, girl group Ideal of Idol (IOI), juga menerima perhatian dan kesuksesan serupa. Tak hanya di Korea Selatan, ajang pencarian bakat di negara-negara lain pun telah lama menjadi pintu masuk guna mewujudkan impian sebagai entertainer.

One Direction, kelompok musik Inggris-Irlandia itu, menjadi salah satu contoh keberhasilan peserta ajang pencarian bakat X-factor. Di Indonesia ada Judika (Indonesia Idol), Fathin Sidqia (X-factor), dan Nazar (KDI) yang sukses menjadi bintang besar setelah berperan serta dalam program ajang pencarian bakat.(47)

Berita Lainnya