image

Foto: Daily Post

21 Maret 2018 | 07:30 WIB | Liga Inggris

Harmoni Jadi Kunci Kesuksesan Man United di Masa Lalu

MANCHESTER, suaramerdeka.com- Harmoni disebut-sebut sebagai kunci kesuksesan Manchester United saat mendominasi Premier League dalam beberapa tahun lalu. Hal tersebut diungkapkan eks staf pelatih MU, Rene Meulensteen.

"Saya hanya bisa berbicara saat saya ada di sana, dan saya pikir Anda tahu benar, pada apa yang kami punya. Saya hanya bisa bilang satu kata, yang mana itu adalah harmoni. Ada harmoni di antara para pemain, staf, ada saling respek di antara semua orang," kata Meulensteen di TalkSport.

Saat itu, Sir Alex Ferguson menjadi aktor utama kesuksesan MU, yang meraih 13 gelar juara Premier League. Masa-masa sulit MU muncul setelah Fergie pensiun, di mana mereka sempat berganti pelatih sebanyak dua kali.  David Moyes dan Louis van Gaal merupakan dua pelatih usai Fergie, sebelum Jose Mourinho menangani tim sampai sekarang.

Musim MU di era perdana kepelatihan Mourinho kurang berjalan seperti harapan. Kans untuk memenangi gelar juara tinggal ada di Piala FA. Mereka sudah tersingkir di Piala Liga Inggris, Liga Champions, dan nyaris mustahil mengejar Manchester City di Liga Inggris.

Bahkan, kritik terbuka dilontarkan Mourinho untuk para pemainnya. Yang terbaru, dia mencibir penampilan Luke Shaw pada pertandingan melawan Brighton & Hove Albion. Mengenai situasi Setan Merah saat ini, Meulensteen enggan berkomentar.

Tapi, dia menegaskan bahwa harmoni seluruh bagian tim menjadi kunci sukses di era Fergie. "Tak ada rasa iri, tak ada rasa cemburu, dan itu semua bisa dikendalikan dan diatur oleh Sir Alex Ferguson," tandasnya.

(Andika Primasiwi /DS /SMNetwork /CN26 )