image

Foto: IbTimes

10 Februari 2018 | 05:10 WIB | Liga Champions-Europa

Fokus Terbagi ke Liga Champions, Chelsea Pun Tercecer di Liga

LONDON, suaramerdeka.com- Tampil di Liga Champions rupanya menjadi salah satu alasan mengapa Chelsea tercecer di Premier League musim ini. Seperti diungkapkan Eden Hazard, fokus yang terbagi ternyata berpengaruh pada performa tim di Liga. 

"Saya pikir Premier League sulit. Berat untuk menang setiap musim. Musim lalu kami tak tampil di Liga Champions. Musim ini kami punya waktu yang lebih sempit untuk mempersiapkan diri menjelang pertandingan. Setiap pekan ada tiga pertandingan," tutur gelandang serang asal Belgia itu, kepadaESPN FC.

Musim lalu, saat menjuarai Liga, fokus Chelsea memang hanya kepada kompetisi domestik karena mereka absen dari kompetisi Eropa. Selain itu, pasukan Antonio Conte juga berhasil menembus final Piala FA meski akhirnya kalah dari Arsenal.

Sayangnya, performa Chelsea musim ini tak secemerlang musim lalu, di mana mereka nyaris mustahil mempertahankan gelar Premier League karena tertinggal 19 poin di belakang Manchester City dengan 13 laga tersisa. Hazard mengatakan, timnya kesulitan pada musim ini karena harus menjalani jadwal pertandingan yang lebih padat terkait partisipasi mereka di Liga Champions. Di Liga Champions, Chelsea sukses melaju ke babak 16 besar dan dipertemukan dengan Barcelona.

Usai menjadi juara, Chelsea melepas Diego Costa, Nemanja Matic, dan John Terry. Sebagai gantinya, mereka memboyong Alvaro Morata, Tiemoue Bakayoko, serta Antonio Ruediger. Morata sempat tampil menjanjikan, tapi performanya kemudian menurun dan dia sekarang tidak fit. Sementara itu, Bakayoko kesulitan beradaptasi dengan Premier League dan dikartu merah ketika Chelsea kalah 1-4 dari Watford.

"Kami mengubah beberapa hal, kami kehilangan sejumlah pemain, kami mendatangkan beberapa pemain baru, dan tiap musim berbeda. Itulah kenapa kita menyukai sepakbola. Akan membosankan kalau cuma ada satu tim yang jadi juara. Itulah kenapa sepakbola spesial. Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi, terutama di Inggris," katanya.

Chelsea akan menghadapi West Bromwich Albion dalam lanjutan Premier League pada Senin (12/2). 

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )