image

Foto: Reuters

12 Januari 2018 | 06:05 WIB | Liga Spanyol

Cukur Celta Vigo, Barcelona ke Perempat Final Copa Del Rey

BARCELONA, suaramerdeka.com- Barcelona melenggang mantap ke perempat final Copa Del Rey usai berhasil mengalahkan Celta Vigo dengan skor telak 5-0 di leg kedua 16 besar di Camp Nou, Jumat (12/1) dini hari WIB. Lionel Messi membukukan dua gol dalam laga ini, ditambah tiga gol lain dari Jordi Alba, Luis Suarez dan Ivan Rakitic.

Main di kandang sendiri, Barca langsung tampil menekan di awal-awal laga dan tak membiarkan Celta untuk mengembangkan permainan sedikit pun. Menit 13, Messi mencetak gol pembuka Barcelona setelah memaksimalkan umpan silang Alba dari sisi kiri dengan satu sontekan.

Dua menit kemudian Messi memperbesar keunggulan Barca menjadi 2-0 setelah kembali bekerja sama dengan Alba, dengan memaksimalkan umpan terobosan di sisi kini lalu menjebol gawang Celta kawalan Sergio Alvarez. Menit 28, Messi berperan dalam gol ketiga Barca, setelah umpan panjangnya ke sisi kiri dituntaskan Alba dengan sepakan sambil menjatuhkan badan dan menjebol gawang Alvarez.

Keunggulan tiga gol tak lantas membuat Barca mengendurkan serangan. Menit 31, Suarez menjebol gawang Alvarez setelah memotong umpan back-pass lawan dan menaklukkan kiper dari jarak dekat. Barca memimpin 4-0 hingga turun minum.

Tertinggal empat gol membuat pelatih Juan Carlos Unzue melakukan dua pergantian di awal babak kedua, dengan menarik Daniel Wass dan Iago Aspas untuk memainkan Nemanja Radoja dan Maximiliano Gomez. Celta malah nyaris kebobolan lagi andai sepakan Suarez di menit 56, tak menghantam tiang gawang.

Barca terus menekan pertahanan Celta lewat sisi kanan dan kiri meski sulit masuk ke kotak penalti setelah lawan bertahan dengan sangat rapat. Gol kelima Barcelona baru lahir pada menit 87.  Umpan Dembele dari sepak pojok berhasil disambut Rakitic yang berdiri bebas tanpa kawalan dengan sundulan yang merobek jala Alvarez.

Gol itu menjadi yang terakhir di laga ini. Barca menang dengan skor 5-0. Hasil itu membawa El Barca melaju ke perempatfinal Copa del Rey dengan kemenangan agregat 6-1. Sebelumnya, kedua tim berimbang 1-1 di leg pertama.

 

(Andika Primasiwi /GLCM /CN26 )