image

RESMI BERGABUNG : Gelandang Sierra Leone, Ibrahim Conteh (tengah) berfoto bersama CEO PSIS Semarang, AS Sukawijaya (kiri) usai menandatangani kontrak di Kantor dan Mes PSIS Jalan Semeru Dalam 01. (suaramerdeka.com / dok)

11 Januari 2018 | 19:06 WIB | Liga Indonesia - Nasional

PSIS Resmi Kontrak Planic-Conteh

SEMARANG, suaramerdeka.com- PSIS Semarang resmi memperkenalkan dan mengikat kontrak bek Serbia, Petar Planic dan gelandang Sierra Leone, Ibrahim Conteh untuk mengarungi kompetisi Liga 1/ 2018 pada Kamis (11/1) siang. Bergabungnya mereka membuat skuat PSIS kini dihuni 21 pemain yang resmi dikontrak.

Kedua pemain ini memikat hati Pelatih PSIS Subangkit dalam beberapa pertandingan terakhir. Planic dipercaya tampil selama 90 menit dalam dua pertandingan uji coba, yakni melawan Arema FC di Magelang dan Bali United di Gianyar. Sementara Conteh sejak uji coba melawan tim sepak bola Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) Jakarta hingga tiga uji coba selanjutnya selalu diberi kesempatan bermain meski tidak secara penuh.

''Kami sudah punya dua pemain asing yang punya kelebihan tersendiri di sektor pertahanan. Planic punya postur yang bagus dan sigap di lini belakang. Sementara Conteh pemain yang kuat di tengah dan selama ini mampu menunjukkan penampilan yang optimal,'' kata Subangkit kemarin.

Masuknya Planic di PSIS juga menjadi perekrutan pemain berbanderol miliaran rupiah. Disebutkan manajemen PSIS beberapa waktu lalu, pemain ini punya taksiran harga Rp 6 hingga 7 miliar dalam data transfermarket. Namun kepindahannya ke Indonesia membuat harga banderolnya merosot menjadi sekitar 248.000 poundsterling atau Rp 4,5 miliar.

Planic kini berusia 28 tahun dan pernah bermain untuk OFK Beograd di Liga Serbia, CSF Sperenta di Liga Rumania, hingga ikut di Liga Champion Asia dan Liga Lebanon bersama Najmeh SC. Planic dibawa oleh agen pemain Fortitude Player Management yang digawangi Kevin Claten.

Pria berkepala plontos ini sebelumnya tercatat sukses membawa Nick Vander Velden dan Stefano Lilipaly ke Bali United musim lalu. Sementara Conteh pemain asing yang sudah menjajal klub-klub di Indonesia. Mulai dari Barito Putera hingga PS TNI musim lalu.

Tidak diketahui secara pasti berapa banderol pemain satu ini. Muly Munial pemilik Minial Sport Group menjadi agensi pemain kelahiran Sierra Leone tersebut. "Kami berencana mencari dua pemain asing lagi di posisi striker dan playmaker. Yang pasti satu diantaranya pemain Asia. Dua pemain Asia yang merapat sebelumnya yakni Samel Sibatuara dan Kim Dong-Hyeon belum kami proyeksikan," lanjut Subangkit.

(M Alfi Makhsun /SMNetwork /CN26 )