image

Foto: suaramerdeka.com / Dananjoyo Kusumo

07 Desember 2017 | 12:41 WIB | Liga Indonesia - Nasional

Manajemen PSS Siapkan Dana Minimal Rp 5 Miliar

SLEMAN, suaramerdeka.com -Persiapan serius terus dilakukan manajemen PSS Sleman untuk membentuk tim yang nantinya ditarget dapat promosi ke Liga 1. Angka minimal Rp 5 miliar dipatok manajemen yang dipimpin Baryadi itu untuk mengelola operasional tim berjuluk Super Elang Jawa ini.

Asisten Manajer PSS, Sismantoro membenarkan hal ini. Bahkan dia mengisyarakatkan kebutuhan dana bisa saja bertambah sesuai dengan kebutuhan tim. "Untuk anggaran tidak ada masalah. Minimal segitulah (Rp 5 miliar)," kata Sismantoro, Kamis (7/12).

Menurutnya manajemen menyadari upaya untuk meraih promosi Liga 1 bukanlah perkara mudah seperti membalikkan telapak tangan. Sehingga memang dibutuhkan pemain berkualitas dan memiliki komitmen membawa Laskar Sembada untuk naik kasta. Semua itu bisa terealisasi jika finansial juga mendukung. "Saat ini kami masih menyusun tim, kami berharap bisa mendapatkan pemain yang berkualitas," ujar dia.

Senada diutarakan Manajer PSS, Baryadi. Namun sosok yang sukses memanajeri Sriwijaya FC menjuarai Liga Indonesia dan Copa Indonesia ini menyebut dana Rp 5 miliar itu sebagai anggaran standar sebuah tim Liga 2 dengan target bertahan. "Untuk saat ini standar saja ya bisa sekitar Rp 5 M, tapi itu pun masih relatif sederhana dalam arti kalau bicara kualitas pemain masih pas-pasan," sambung Baryadi.

Apa yang diutarakannya beralasan. Sebab, dia menganalogikan dengan harga seorang kapten Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri. Di pasar transfer pemain, harga mantan pemain Persab Brebes U-17 itu sudah mencapai angka Rp 2 miliar. "Nah itu berarti kalau anggaran kami Rp 5 miliar itu cuma dapat satu Boas Sollossa saja. Saat ini kami cari pemain berkualitas dengan harga seirit mungkin," jelasnya.

Meski begitu dalam hal perekrutan pemain yang bagus cukup sulit mengingat klub-klub lain sudah lebih dulu berburu pemain-pemain berkualitas. Namun saat ini sedikitnya sudah ada enam pemain yang masuk dalam daftar kontrak PSS Sleman untuk musim depan. Enam pemain tersebut yaitu Ega Rizky Pratama mantan kiper PSCS Cilacap, Khoirudin defender Balikpapan, Tambun Naibaho pemain Semen Padang, Slamet Budiono wing back Sriwijaya FC, serta Dedi Tri Maulana dan Maldini Pali mantan punggawa Timnas U19.

(Gading Persada /SMNetwork /CN26 )