image

Foto: Lluis Gene / AFP / Getty Images

07 Desember 2017 | 07:15 WIB | Dunia

Valverde Tak Anggap Serius Ballon D'Or

BARCELONA, suaramerdeka.com -Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengakui tak menganggap serius Ballon d'Or sehingga dirinya tak tertarik ikut berbicara siapa yang layak memenangi penghargaan tersebut. "Saya sama sekali tak menganggap penghargaan apapun bernilai. Semua orang bebas memberikan hadiah-hadiah yang mereka yakini sesuai untuk para pemain," kata Valverde dikutip Soccerway.

Kamis (7/12), pemenang penghargaan Ballon d'Or 2017 akan diumumkan di Paris. Diyakini, pemenangnya tak jauh dari Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, seperti yang sudah-sudah dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, calon kuat untuk memenangi penghargaan tersebut adalah Cristiano Ronaldo usai merebut gelar Pemain Terbaik FIFA pada Oktober lalu. Bintang asal Portugal itu tahun ini membawa Real Madrid mempertahankan gelar Liga Champions sekaligus memenangi La Liga.

Sementara Messi cuma berhasil mengantarkan Barcelona merebut Copa del Rey, meski lebih menonjol secara catatan individu dengan mencetak lebih banyak gol (48-37) dan assist (14-8) ketimbang Ronaldo sepanjang 2017.

Valverde memilih tak ikut perdebatan siapa yang lebih layak karena tak terlalu menganggap penghargaan-penghargaan semacam ini dengan serius. "Sepatu Emas, Ballon d'Or, saya tak tahu berapa banyak hadiah yang ada. Saya lebih memilih tak menilai satupun," tambahnya.

(Andika Primasiwi /CN26 )