image

Foto: kompas

06 Desember 2017 | 20:26 WIB | Liga Indonesia - Nasional

Timnas Indonesia Jadi Runner Up Tsunami Cup 2017

BANDA ACEH, suaramerdeka.com- Timnas Indonesia gagal mengangkat trofi juara turnamen Tsunami Cup 2017 usai ditaklukkan Kirgistan, 0-1 pada laga penentu di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (6/12). Gol semata wayang tim tamu tercipta pada menit ke-20 lewat Saliev Asrkabek.

Kirgistan tampil sempurna selama tiga kali laga dengan torehan sembilan poin. Indonesia menjadi runner up setelah hanya mengemas enam poin, selanjutnya disusul Mongolia dan Brunei Darussalam.

Meski menempati urutan kedua, pelatih timnas Indonesia Luis Milla tak begitu kecewa dengan permainan anak-anak asuhannya selama melakoni turnamen. Sebab, dia akhirnya memiliki gambaran untuk terus ditingkatkan sebelum timnya akan tampil di Asian Games 2018.

"Secara umum kita menjalani turnamen yang bagus. Saya sudah mendapatkan apa yang mau saya lihat dari pemain. Kecuali Bagas, semua pemain sudah merasakan pertandingan," kata Luis Milla.

Dia menambahkan, pertandingan kontra Kirgistan juga menjadi pelajaran berharga bagi skuatnya. Sebab Kirgistan memberikan perlawanan sengit, dan itu yang sejauh ini dicarinya. "Kami bisa menarik banyak sekali kesimpulan, dimana dihadapkan dengan lawan yang sangat kuat dan kita harus ambil solusi lebih cepat. Ketika kami ditekan, kami bisa analisa apa yang terjadi dalam turnamen ini," ungkapnya.

Juru racik asal Spanyol ini juga mengapresiasi semangat juang yang ditunjukkan Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan. Menurut Milla, semua pemain terus bersemangat mulai awal hingga akhir untuk mencari kemenangan, meski akhirnya gagal.

"Di sini saya mau bilang, pemain saya bekerja keras, berjuang bagaimana supaya kita bisa keluar untuk menyerang. Mereka menunjukkan mental yang baik dan pantang menyerah dan tak ada satu pemain pun yang menunjukkan mereka menyerah untukmencoba," jelasnya.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )