image

Foto: Istimewa

23 November 2017 | 18:28 WIB | Futsal

Laga Jepara Hadapi Banyumas Buka Pra-Porprov Futsal

  • AFP Pantau Pemain Untuk Pra-PON 2020

JEPARA, suaramerdeka.com -Pertandingan antara tuan rumah Jepara melawan tim Banyumas dijadwalkan menjadi laga seremonial pembukaan ajang Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2018 cabor futsal yang digelar di GOR Gelora Bumi Kartini pada Jumat (24/11) sore ini.

Kedua tim ini sama-sama sebelumnya menurunkan skuad di Liga Futsal Nusantara (LFN) Jateng 2017 pada Oktober lalu. Jepara memasukkan para pemainnya di tim Kalingga. Sementara anak-anak Banyumas bermain di DLS dan Score Futsal.

Laga pembuka ini diprediksi seru karena kedua tim punya pemain-pemain berkualitas. Apalagi DLS tampil sebagai juara di katagori putra LFN Jateng 2017. Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Jateng, Muh Maretan mengatakan Pra-Porprov futsal ini diikuti 23 tim daerah di provinsi ini yang dibagi dalam enam grup. Gelaran yang akan dilakukan hingga Minggu (26/11) ini nantinya akan meloloskan enam juara grup ditambah empat runner up terbaik ke Porprov 2018 di Solo, September tahun depan.

''Jepara sebagai tuan rumah hampir seratus persen siap menyelenggarakan. Kamis (23/11) sore ini panitia penyelenggara tengah melakukan perbaikan pada atap GOR GBK yang bocor saat hujan. Semoga 11 pertandingan di hari pertama bisa berjalan lancar hingga 22 pertandingan lanjutansampai Minggu mendatang,'' kata Maretan.

Dalam ajang ini pihaknya juga akan memantau pemain-pemain potensial yang akan menjadi tulang punggung tim futsal Jateng di Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2019 mendatang. Maretan berharap para pemain di setiap daerah bisa menunjukkan penampilan terbaik.

''Scout talentkami lakukan sesuai dengan semangat penyelenggaraan Poprov Jateng. Yakni menjaring bibit unggul untuk ajang nasional tahap pertama yakni Pra-PON. Semoga dengan upaya ini kami bisa memperbaiki prestasi seperti di PON 2012 lalu. Sebab pada ajang PON 2016 Jabar, provinsi ini tidak lolos kualifikasi,'' imbuh Maretan.

(M Alfi Makhsun /SMNetwork /CN26 )