image

OUTBOND: Sejumlah personel TNI dari Kodim 0707/Wonosobo memberikan arahan dalam kegiatan outbond di SMP Negeri 1 Watumalang, Wonosobo. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

08 Desember 2017 | 07:24 WIB | Suara Kedu

Kodim Wonosobo Bentuk Karakter lewat Pendidikan dan Outbond

WONOSOBO, suaramerdeka.com- Kodim 0707/Wonosobo berupaya membentuk karakter ratusan pelajar melalui pendidikan dan outbond di SMP Negeri 1 Watumalang, Wonosobo, Kamis (7/12). Menyasar sebanyak 229 siswa dan delapan guru sekolah setempat, pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk generasi muda yang tangguh, mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila, serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0707/Wonosobo, Kapten Infanteri Sugeng Hariyanto menyebutkan, generasi muda merupakan modal utama bagi kelangsungan sebuah bangsa. Generasi muda yang berkarekter, menjadi harapan masyarakat Indonesia, guna meneruskan tongkat estafet dalam mengisi kemerdekaan. "Untuk menyiapkan generasi muda berkarakter, perlu dipikul semua komponen bangsa.  Tak hanya institusi sekolah, perlu melibatkan semua komponen, termasuk TNI," ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut dia, Kodim 0707/Wonosobo terpanggil untuk ikut memberikan pendidikan dalam pembentukan karakter generasi muda yang tangguh. Generasi harus senantiasa mengamalkan nilai luhur Pancasila, seperti percaya kepada Tuhan yang Maha Esa, rasa kemanusian terhadap sesama, gotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan melakukan kesepamahan melalui musyawarah untuk mufakat.

Menurut dia, itu semua harus tertanam dalam jiwa setiap warga negara Indonesia, terlebih generasi muda. Membangun karakter, menjadi sebuah proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti) bagi insan manusia (masyarakat), sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik dengan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

Komandan Koramil 02/Watumalang, Letda Infanteri Salman Turut menambahkan, pembentukan dan penguatan karakter memang harus terus digelorakan. Karena, pembangunan karakter merupakan suatu proses yang terus menerus harus dilakukan untuk membentuk, tabiat, watak dan sifat sifat kejiwaan yang berlandaskan kepada semangat pengabdian dan kebersamaan. "Pembentukan karakter generasi muda, masyarakat, bangsa dan negara, harus dilandasi falsafah bangsa, yani Pancasila," tutur dia.

Dalam kesempatan itu, selain memberikan pendidikan karakter, pihaknya juga berupaya melatih ketangkasan dan kerjasama melalui outbond wawasan kebangsaan. Outbond diisi Pelda Rusiyanto dengan beragam jenis tantangan, seperti mater, bola tali, water estafet, tongkat estafet, permadani terbang, hulahoop dan buldozer. "Melalui outbond ini, kami harapkan mereka juga menjadi pribadi yang tangkas, ulet, pantang menyerah dan selalu bekerja sama," harapnya.

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN26 )