image

Foto: Istimewa

08 Desember 2017 | 06:24 WIB | Ekonomi dan Bisnis

Bogasari Dorong Lahirnya Pengusaha Muda

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com- Bagi kawulamuda Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin membuka usaha kuliner, PT Indofood Tbk Divisi Bogasari memberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan membuat resep yang enak dan lezat yang akan digelar dalam Bogasari Expo di Jogja City Mall (JCM), Jalan Magelang, Yogyakarta, mulai Jumat (8/12) hingga Minggu (10/12).

Menurut Ivo Ariawan Budiprabawa, Vice President Commercial Bogasari, selain pelatihan cara membuat resep dan memasak makanan yang enak dan lezat, peserta juga diajarkan peluang bisnis yang menguntungkan. Ini kesempatan bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk membuka usaha di bidang kuliner.

''Karena itulah tema Bogasari Expo kali ini adalah 'Bogasari Expo Foodpreneur'. Bogasari menginspirasi secara nyata kepada anak-anak muda atau biasa disebut Generasi Milenials, untuk menjadi pelaku usaha baru di bidang makanan berbasis terigu,'' kata Ivo.

Untuk membantu kawulamuda membuka usaha tersebut, maka dalam 'Bogasari Expo Foodpreneur' menyediakan tiga kelas pelatihan semi hands on dengan kapasitas per kelas 12 orang. Setiap hari, masing-masing kelas menyediakan enam resep pelatihan yang dipandu langsung oleh baker ahli dari Bogasari Baking Center (BBC).

''Total daya tampung seluruh kelas selama 3 hari adalah 648 orang dengan biaya per resep Rp 45 ribu. Lewat berbagai kegiatan di Bogex ini, diharapkan akan lahir new foodpreneur. Kami menargetkan 30 ribu pengunjung dalam Bogex 2017 ini,'' ujar Ivo.

Lebih lanjut Ivo menjelaskan, potensi anak muda untuk menjadi pengusaha di sektor makanan berbasis terigu juga sudah tampak dalam daftar UKM Mitra Bogasari yang tergabung dalam keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC). "Buktinya hampir 3 ribu UKM mitra Bogasari yang menjadi anggota BMC berusia di bawah 35 tahun. Mulai dari UKM bakeri, mie, pastry, pancake, cake, dan jajanan pasar. Kalau dilihat dari kategori usia 35-45 tahun hampir mencapai 9 ribu orang,'' ujar Ivo.

Di sela-sela acara ini juga digelar lomba 'Bogasari Foodpreneur Challenge' pesertanya, adalah pengusaha start up dengan usia 18-28 tahun. Bogasari Foodpreneur Challenge ini, merupakan kompetisi bisnis untuk menunjukkan kemampuan bisnis serta kreativitas anak muda di industri makanan berbasis terigu Bogasari merek Kunci Biru.

Lomba lainnya adalah Lomba Fotografi, yakni meliput momen selama acara Bogex 2017 dengan menggunakan platform instagram. Lomba Desain Kemasan, yakni lomba mendesain Kemasan Bakpia sehingga dapat membantu para UKM, terutama para UKM Bakpia di Yogyakarta dalam memasarkan produknya dengan tampilan yang lebih menarik dan kekinian.

Selain itu, juga ada Lomba  Cipta Kreasi Resep (LCKR) untuk anak-anak SMK, dan masih banyak acara lainnya. ''Dalam gelaran kali ini, kami sengaja melibatkan pelajar untuk berkarya melalui Lomba Cipta Kreasi Resep,'' katanya.

(Sugiarto /SMNetwork /CN26 )