image

Anggota DPRD Jawa Tengah, Abdul Hamid menyampaikan materi tentang sosialisasi deteksi dini tuberkulosis di hadapan peserta sosialsiasi di Gedung NU Kabupaten Pekalongan, Rabu (6/12). (SM/Agus Setiawan)

08 Desember 2017 | 01:16 WIB | Suara Pantura

Warga Pekalongan Diminta Lakukan Deteksi Dini Tuberkulosis

KAJEN, suaramerdeka.com- Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Abdul Hamid meminta warga untuk melakukan deteksi dini penyakit tuberkulosis. Hal itu dia sampaikan dalam acara sosialisasi deteksi TB yang diadakan Dinkes Provinsi jawa Tengah bekerja sama dengan PC Muslimat NU Kabupaten Pekalongan dan Anggota DPRD Provinsi Jateng Abdul Hamid, di Gedung NU Pekalongan, Rabu (6/12).

Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah daerah Pemilihan Jateng X Abdul Hamid, menyatakan, tuberkulosis merupakan penyakit menular. Penyakit ini menular melalui udara. Untuk itu, kata dia, butuh antisipasi melalui deteksis secara dini. 

"Tenaga kesehatan jumlahnya tidak mampu untuk mengawasi seluruh masyarakat. Dengan begitu program pemerintah ini mesti mendapatkan dukungan dari kelompok masyarakat. Masyarakat juga diharapkan berperan aktif dalam menyosialisasikan persoalan ini kepada tetangga, saudara dan keluarga. Muslimat NU yang memiliki jaringan sampai ke desa, perannya penting untuk menyosialiasikan soal deteksi dini penyakit tuberkulosis," paparnya.

Abdul Hamid duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah merupakan hasil proses pergantian antarwaktu dari Asip Kholbihi yang sekarang menjabat sebagai Bupati Pekalongan. 

"Pak Asip membawa mandat NU melalui PKB. Yang ditunggu masyarakat adalah janji yang sudah disuarakan melalui kampanye. Karena itu kita harus mendukung agar program yang disusun pemerintah bisa menyentuh akar persoalan di masyarakat," tandasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk senantiasa berjuang bersama membesarkan NU dan mengawal pemerintah agar ke depan lebih baik. Sebab, apabila elemen masyarakat saling mendukung maka warga NU yang sekarang menduduki posisi penting akan diakui mampu dalam menganyomi masayrakat di Kabupaten Pekalongan ini.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Pekalongan, Sumarwati, Muslimat NU menyambut  antusias dan sangat senang dengan adanya kerjasamaini. Diharapkan kerjasama ini bisa dilanjutkan dibidang lain seperti bidang kesejahteraan masyarakat, sehingga kader muslimat Nu bisa mendapatkan pengarahan dan pemahaman secara langsung. 

(Agus Setiawan /SMNetwork /CN34 )