image

PELAYANAN KESEHATAN : Dokter dan petugas kesehatan RSJD dr Arif Zainudin Surakarta melayani pemeriksaan kepada warga Petoran, Jebres, Solo. (suaramerdeka.com/Budi Sarmun S)

07 Desember 2017 | 18:36 WIB | Solo Metro

Pekan Depan RSJD Surakarta Bantu Terapi Korban Banjir Pacitan

SOLO, suaramerdeka.com- Tim dokter dan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr Arif Zainudin Surakata, pekan depan bakal ambil bagian dalam rangka rehabilitasi korban bencana banjir di Pacitan. Fokus pelayanan 30 orang yang dikirim ke lokasi bencana adalah memberikan pelayanan kesehatan, healing dan terapi psikologis korban banjir.
 
Direktur RSJD Dr Arif Zainudin Surakarta, Basuki Sutarjo menuturkan, pelayanan terapi psikologi amat dibutuhkan korban banjir. Saat ini penduduk Pacitan yang terdampak banjir banyak yang trauma. "Sesuai permintaan dari masyarakat setempat, kami mengirimkan tim dokter dan psikolog ke sana. Rencananya Selasa minggu depan pelayanan digelar di Pacitan," katanya, saat menhadiri pengobatan gratis di rumah anggota DPRD Jateng Muhammad Rodhi, Petoran, Jebres, Solo, Kamis (7/12).

Basuki mengungkapkan, pengirim petugas kesehatan RSJD ini sudah yang kesekian kalinya. Saat tanah longsor di Banjarnegara dan Ciamis, Jawa Barat, RSJD juga mengirimkan tim ke sana.  

Kasi Keperawatan, Nuning Purwanti menambahkan, ada ratusan KK yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan terapi psikologis. Guna menunjang kegiatan kemanusian itu 12 dokter, dua psikolong, dan tenaga kesehatan siap dikirim ke lokasi bencana. "Kami sudah menyiapkan segalanya. Insya Allah minggu depan sudah di tengah-tengah para pengungsi," tambahnya. 

Anggota Komisi C DPRD Jateng, Muhammad Rodhi, menyambut baik kegiatan kemanusiaan yang digelar RSJD Dr Arif Zainudin Surakarta tersebut. "Saya harap rumah sakit daerah lainnya mengikuti jejak RSJD ini," katanya. 

Dikatakan, wilayah Wonogiri, Klaten, dan Sukoharjo merupakan spot bencana.  Pihak terkait diharapkan waspada dengan ancaman banjir dan tanah longsor.

(Budi Sarmun /SMNetwork /CN40 )