image

JALANI PEMERIKSAAN : Wijayanti, perempuan asal Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara ini menjalani pemeriksaan lantaran kedapatan mengonsumsi sabu di sebuah warung kopi di Kecamatan Sarang. (Foto: suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

07 Desember 2017 | 17:22 WIB | Suara Muria

Nyabu di Warkop Sarang, Warga Jepara Diciduk

REMBANG, suaramerdeka.com – Aksi nekat dilakukan oleh Wijayanti (39), perempuan warga Rt 5 Rw 1 Desa Jugo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Perempuan yang berstatus janda itu diciduk Satresnarkoba Polres Rembang lantaran tertangkap basah sedang menghisap sabu di warung kopi milik Warsiti, Desa Kalipang Kecamatan Sarang, Rabu (6/12) pukul 22.30.

Penangkapan tersangka merupakan hasil pengembangan yang dilakukan petugas atas informasi yang didapat dari masyarakat. Kebetulan, pada hari itu banyak petugas yang disiagakan di Karangmangu Kecamatan Sarang, desa yang cukup dekat dengan warung kopi, lantaran di sana sedang menggelar Pilkades.

Kasatresnarkoba Polres Rembang, AKP Bambang Sugito mengungkapkan, setelah mendapat informasi dari masyarakat petugas langsung bergerak ke lokasi warung kopi. Di sana petugas melakukan penggeledahan terhadap perempuan tersebut.

Hasilnya sejumlah barang bukti terkait penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu berhasil ditemukan oleh petugas. Barang bukti itu di antaranya adalah satu plastik bening yang berisi serbuk kristas jenis sabu seberat sekitar 0,5 gram.

Selain itu, petugas juga mengamankan peralatan untuk menghisap sabu, antara lain adalah satu set alat hisap lengkap dengan pipet kaca yang menempel, korek api, dua ponsel warna gold dan hitam serta potongan pipet yang dibuat menghisap sabu.

Setelah dilakukan pengamanan terhadap seluruh barang bukti, selanjutnya tersangka digiring ke Mapolres Rembang untuk dilakukan pengembangan dan proses hukum. Petugas terus melakukan pemeriksaan terhadap tersangka untukmencari informasi asal-muasal barang haram itu.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 Pasal 112 Ayat (1) subsider Pasal 127 Ayat (1) huruf a. Ancaman hukumannya adalah minimal 4 tahun kurungan penjara.

“Setelah penggeledahan dan ditemukan sejumlah barang bukti terkait narkoba jenis sabu, kepada petugas tersangka akhirnya mengakui bahwa barang-barang haram itu memang miliknya, terang Bambang.

Sebelumnya, petugas juga mengamankan seorang pemandu karaoke Kafe Dimensi bernama Diana Mayangsari (28). Petugas melakukan penangkapan setelah tersangka melakukan pesta sabu di dalam ruangan karaoke. Sayangnya, hingga saat ini, petugas belum berhasil melakukan pengembangan dan menangkap pelaku pesta sabu lainnya. 

(Ilyas al-Musthofa /SMNetwork /CN41 )