image

PAMERAN AKMIL: Siswa dari SD 6 Wonogiri, menyaksikan pameran Akmil Magelan yang digelar di pendapa Kecamatan Wonogiri Kota. (suaramerdeka.com / Bambang Purnomo)

07 Desember 2017 | 09:42 WIB | Solo Metro

Pameran Akmil Magelang Digelar di Pendapa Kecamatan Wonogiri

WONOGIRI, suaramerdeka.com- Pameran Akademi Militer (Akmil) digelar bersamaan dengan Latihan Praja Bakti (Latprabak) bagi 521 taruna-taruni di pendapa Kecamatan Wonogiri Kota. Pameran akan ditutup Sabtu (9/12), dimeriahkan parade dan display drum band Caka Lokananta, sekaligus menandai berakhirnya Latprabak.

''Kemarin diberitahu kalau di pendapa kecamatan ada pameran Akmil Magelang, maka ini saya bawa murid-murid untuk melihat, siapa tahu kelak ada yang berminat masuk Akmil,'' tutur Gutomo, Wali Kelas III SD 6 Wonogiri.

Dia lantas mengajak serta 33 siswa asuhannya ke pendapa Kecamatan Wonogiri Kota, untuk menyaksikan pameran tersebut. ''Kebetulan ini jam istirahat, dan letak sekolah kami berdekatan dengan pendapa kecamatan,'' jelas Gutomo lagi.

Pameran Akmil, memajang sejumlah foto dokumentasi tentang perjalanan sejarah keberadaan lembaga pendidik perwira militer di Tanah Air. Sejak ketika masih berbentuk Akademi Militer Nasional (AMN), yang ketika wisuda lulusannya dilakukan oleh Presiden RI pertama Bung Karno.

Kemudian berlanjut ketika berubah menjadi Akabri, yang lulusannya diwisuda oleh Presiden RI kedua, Soeharto, serta ketika setelah menjadi Akmil yang lulusannya diwisuda oleh Presiden SBY. Juga dipajang foto-foto alumni yang sukses kariernya memegang tampuk kepemimpinan di Indonesia, seperti foto SBY saat masih jadi taruna, foto Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

Pada bagian lain, dipamerkan manekin lengkap dengan seragam taruna-taruni. Juga ada manekin taruna pemain drum band Caka Lokananta yang mengenakan seragam macan loreng. Di sisi timur laut pendapa Kecamatan Wonogiri, dipajang aneka senjata genggam berupa pistol beragam jenis dan kaliber, seta sejumlah senapan laras panjang otomatis, yang menjadi kelengkapan senjata serbu prajurit TNI.

Di halaman sebelah timur, disajikan aneka cenderamata. Terdiri atas aneka macam sitker Akmil, kaos doreng Akmil dan berbagai macam topi. Sementara itu, kegiatan taruna-taruni Akmil yang melaksanakan Latihan Praja Bakti di Desa Watangrejo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, berpraktik membangun jalan di Dusun Pelem, dengan cor beton.

(Bambang Purnomo /SMNetwork /CN26 )