image

Jajaran Muspika Garung melakukan kegiatan penanaman pohon cemera di wilayah Telaga Menjer Kecamatan Garung, Rabu (6/12) kemarin. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

07 Desember 2017 | 06:59 WIB | Suara Kedu

Penghijauan di Wilayah Telaga Menjer Penting Dilakukan

  • PGRI dan Muspika Garung Tanam 300 Pohon

WONOSOBO, suaramerdeka.com- Kegiatan penghijauan di wilayah Telaga Menjer Kecamatan Garung, dinilai penting terus dilakukan. Pasalnya, lokasi tersebut saat ini menjadi destinasi wisata andalan di Kabupaten Wonosobo, serta sumber air bagi aktivitas pembangkit listrik.

"Ini sudah seyogyanya terus dijaga semua pihak. Karena, pelestarian alam merupakan tanggung jawab kita bersama," ujar Komandan Koramil 04/Garung, Kapten Czi Sukriyadi saat kegiatan penanaman 300 pohon di Telaga Menjer, Rabu (6/12) kemarin.

Penanaman ratusan pohon yang terdiri dari cemara dan suren tersebut dilakukan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tingkat Kecamatan Garung.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Garung, yang terdiri dari kecamatan, koramil dan kepolisian. Setelah penanaman pohon, dilanjutkan jalan sehat ke lokasi Wisata Alam Bukit Seroja di kawasan Telaga Menjer.

Menurut dia, penanaman pohon selain untuk menjaga ekosistem alam, juga diharapkan menjadi langkah menggelorakan kampaye pelestarian alam.

"Kegiatan seperti ini mempunyai manfaat luar biasa bagi pelestarian alam. Wonosobo merupakan daerah resapan hujan. Sirkulasi air resapan tersebut akan melewati beberapa kabupaten di bawahnya, seperti Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas bahkan sampai Cilacap," beber dia.

Dengan diselenggarakannya kegiatan bersama tersebut, manfaat lain yang diperoleh, yakni membangun rasa persaudaraan antarinstansi, khususnya di wilayah Kecamatan Garung. Diharapkan dengan semakin eratnya tali silaturahim, baik melalui penanaman pohon maupun jalan sehat ke lokasi Wisata Alam Bukit Seroja, menjaga upaya untuk mempromosikan potensi alam yang ada.

"Seluruh warga, khususnya di Kecamatan Garung punya andil besar mempromosiakan wisata ini," tutur dia. 

Hal ini karena saat ini Bukit Seroja juga sudah mulai ramai dikunjungi para wisatawan. Dengan terus menjaga lingkungan agar tetap lestari, selain akan enak dipandang, juga dampaknya akan banyak banyak dirasakan masyarakat, seperti halnya mencegah terjadinya bencana alam, menjaga habitat hewan maupun tumbuhan di sekitar Telaga Menjer, serta menjadikan wilayah Wonosobo tetap asri dan terjaga.

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN39 )