image

PERWAKILAN REMBANG : Salah satu peserta Musabaqoh Qiro’atil Kutub (MQK) asal Kabupaten Rembang saat mendapat guliran tampil di kejuaraan tingkat nasional di Jepara. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

07 Desember 2017 | 04:14 WIB | Suara Muria

MQK Nasional, Rembang Sumbang Delapan Medali untuk Kafilah Jateng

REMBANG, suaramerdeka.com – Perwakilan Kabupaten Rembang berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam perhelatan Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) tingkat nasional ke-VI tahun 2017 yang digelar di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara, 29 November-7 Desember. Perwakilan Rembang menyumbangkan delapan medali untuk Kafilah Jateng.

Perolehan piala tersebut diumumkan dalam acara penutupan yang diadakan pada Selasa malam (5/12) oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam H Kamaruddin Amin. Kafilah Jateng berhasil menjadi juara umum.

Kafilah yang menjadi juara 10 besar berturut-turut setelah Jateng yaitu Jatim, Jabar, Kalimantan Selatan, Aceh, Kalimantan Timur, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat serta Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Delapan peserta dari Kabupaten Rembang yang tergabung dalam kafilah Jateng berhasil memboyong delapan piala dengan rincian 2 medali emas, 2 medali perak, 3 medali perunggu, dan satu juara harapan I.

Juara I diperoleh Haidarotul Millah dari PP Al-Anwar, Sarang, pada cabang lomba ilmu tafsir ulya putri, dan M. Ya’kub dari PP Ma'hadul Ilmi Asy syar'ie (MIS) pada cabang lomba tauhid wustha putra.

Sementara juara II diraih oleh Afifah Nailul Zulfa dari PP Al-Anwar untuk cabang lomba Nahwu Ulya putri, dan Ilham Firmansyah dari PP Ma'hadul Ilmi Asy Syar'ie (MIS) untuk cabang lomba tauhid ulya putra.

Adapun juara III ditorehkan oleh Siti Khodijah dari PP Al Anwar untuk cabang lomba hadits Ulya putri, Asep Abdul Bari dari PP Al Anwar untuk cabang lomba ilmu tafsir ulya  putra, dan Nailun Na'ma dari PP Bustanul Falah, Sedan untuk cabang lomba Akhlaq Ulya Putri. Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Moh Solachuddin dari PP Ma'hadul 'Ulum Asysyar'iyyah (MUS), Sarang, untuk cabang lomba Akhlaq Ulya Putra.

Kepala Kemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi tersebut. “Usaha yang dilakukan selama ini ternyata tidak sia-sia. Semoga prestasi yang diraih oleh para santri tersebut bisa memberikan teladan bagi santri-santri lainnya untuk terus berprestasi,” kata Atho’illah.

Untuk diketahui, MQK nasional Jepara terdiri atas 56 majelis cabang lomba. Kafilah Jateng berhasil lolos ke babak final pada 46 majelis yang diperlombakan.

(Ilyas al-Musthofa /SMNetwork /CN39 )