image

Kabag Tata Usaha RSUD Dr Soedirman Rikamto SKep Ns MM (tiga dari kanan) foto bersama Bupati Mohammad Yahya Fuad dan Wakil Bupati KH Yazid Mahfudz usai menerima trofi juara I Inovasi Pelayanan Publik Ketagori IT. (suaramerdeka.com/ Supriyanto)

02 Desember 2017 | 15:53 WIB | Suara Banyumas

Terapkan Pendaftaran Online

RSUD Dr Soedirman Juara I Inovasi Pelayanan Publik

KEBUMEN, suaramerdeka.com  - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soedirman Kebumen terus melakukan inovasi terhadap pelayanan publik. Salah satunya dengan menerapkan pendaftaran online. Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi berbasis android yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Masyarakat yang akan periksa kesehatan di Poliklinik tidak harus mengambil antrean, tetapi cukup dengan mendaftarkan diri sehari sebelumnya melalui smartphone. Aplikasi yang digunakan sejak September itu sudah diunduh lebih dari 1.000 kali.

Inovasi tersebut mengantarkan RSUD Dr Soedirman meraih prestasi yang sangat membanggakan yakni menjadi juara I katagori Informasi Teknologi (IT) sebagai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang memiliki inovasi pelayanan publik dengan pendaftaran pasien online.

"Penghargaan diberikan oleh Bupati Mohammad Yahya Fuad dalam peringatan HUT KORPRI ke-46 tahun 2017," ujar Kepala Bidang Pelayanan dokter Iwan Danardono SpRad MMR, Sabtu (2/12).

Terkreditasi Paripurna Bukan itu saja, imbuh dokter Iwan, RSUD Dr Soedirman tahun 2016 telah meraih capaian prestasi sebagai satu-satunya rumah sakit yang pertama di Kebumen yang terakreditasi paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Tahun 2017 telah dilakukan survei verifikasi I oleh KARS pada 25 November 2017 yang berlangsung lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

"Diharapkan tetap dapat mempertahankan status terakreditasi paripurna. Hal ini menunjukkan Konsistensi RSUD Dr Soedirman dengan segenap stakeholder-nya dalam meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan," imbuhnya.

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 tingkat Kebumen, RSUD Dr Soedirman menjadi OPD yang meraih juara umum. Sejumlah juara disabet meliputi juara I voli putri, juara I bulu tangkis putra, juara I bulu tangkis putri, juara II paduan suara, juara I tenis meja putri, juara II voli putra.

(Supriyanto /SMNetwork /CN33 )