image

Foto: istimewa

29 November 2017 | 14:52 WIB | Suara Banyumas

Kemenag Intensifkan Bimbingan Perkawinan

WONOSOBO, suaramerdeka.com -Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Wonosobo kembali mengintensifkan kegiatan Bimbingan Perkawinan bagi calon pengantin di sejumlah wilayah Kantor Urusan Agama (KUA) se-Wonosobo sejak Senin (27/11)-Jumat (1/12) besok.

Bimbingan perkawinan penting dilakukan, guna memberikan edukasi kepada calon pengantin agar semakin mantap membangun bahtera rumah tangga dengan perencanaan matang.

Pelaksana Tugas Kankemenag Wonosobo, Cahyo Sukmana menyebutkan, dalam membangun bahtera rumah tangga memang dibutuhkan perencanaan yang matang. Antarpasangan harus saling pengertian di dalam kehidupan barunya, agar segala persoalan di rumah tangganya bisa dikelola dengan baik.

"Konsep 'Garwo' (sigaring nyowo) penting diimplementasikan, agar terwujud bahtera rumah tangga yang damai dan sejahtera," ujarnya.

Apalagi, kata dia, dengan makin berkembang pesatnya media sosial (media sosial), yang semakin memudahkan suatu pasangan untuk memancing mengeluarkan keluh kesah kepada publik.

"Dengan konsep 'Garwo', suatu pasangan harus bijak memanfaatkan medsos. Kalau menceritakan aib pasangannya sendiri, sama halnya mereka telah memedsoskan aibnya sendiri. Ini harus menjadi perhatian khusus bagi para calon pengantin, agar tidak melakukan hal itu," tutur dia.

Dikatakan, melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, pihaknya berkoordinasi dengan KUA seluruh Wonosobo agar menyelenggarakan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin. Agenda bimbingan perkawinan dibagi menjadi empat angkatan, masing-masing angkatan pertama bagi Kecamatan Sapuran, Kecamatan Kalibawang, Kecamatan Kepil dan Kecamatan Kalikajar ditempatkan di Rumah Makan Tanjungsari Tambi Sapuran pada Senin-Selasa (27-28/11).

Angkatan kedua Kecamatan Wonosobo dan Kecamatan Kertek diselenggarakan di Rumah Makan Resto Ongklok Wonosobo, Rabu-Kamis (29-30/11). Angkatan ketiga Kecamatan Selomerto, Kecamatan Leksono, Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Watumalang di tempatkan di Rumah Makan Sari Rasa Wonosobo, Selasa Rabu (28-29/11).

Angkatan keempat Kecamatan Garung, Kecamatan Kejajar dan Kecamatan Mojotengah di Rumah Makan Kampung Dieng pada Kamis (30/11)-Jumat (1/12).

Masing-masing dalam bimbingan calon pengantin tersebut diikuti sekitar 55 pasangan atau 110 peserta. Ini dilakukan guna mengevektifkan forum bimbingan agar calon pengantin menjadi generasi yang berkualitas.

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN33 )