image

PELATIHAN WISATA: Peserta menyimak materi dari narasumber dalam pelatihan yang dllangsungkan di Hotel Graha Muria, Gunung Muria, Kudus. (suaramerdeka.com / Prayitno)

02 November 2017 | 08:06 WIB | Suara Muria

Dosen STP Trisakti Latih Kepariwisataan Warga Colo

KUDUS, suaramerdeka.com– Dua dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, Jakarta, memberikan pelatihan tentang pariwisata bagi warga Desa Colo, Kecamatan Dawe,Kudus. Pelatihan difasilitasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Objek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus.

Pengajar tersebut, Rina Fitriani SPd MM dan Ira Mayasari SPd MGizi, mengisi pelatihan dalam tiga gelombang pada Selasa (1/11) dan Rabu(2/11) yang dilangsungkan di Hotel Graha Muria, Gunung Muria, Kudus. Masing-masing gelombang diikuti 40 orang peserta.

Peserta gelombang pertama pada Selasa pagi adalah para bakul/warung makan serta pedagang asongan. Sedang gelombang kedua Selasa malam, dan dilanjutkan gelombang tiga pada Rabu pagi. Di Desa Colo tak hanya terdapat objek wisata religi, yakni Makam Sunan MuriaRaden Umar Said, tetapi juga wisata alam. "Pelatihan ini adalah salah satu upaya kami dalam meningkatkan daya tarik wisata yang ada di Colo,’’ tutur Kepala UPT Objek Wisata Kudus, Mutrikah SH.

Pihaknya berterima kasih kepada dua pengajar STP Trisakti yang datang atas nama relawan dan pribadi dalam memberi pelatihan tersebut. Narasumber Rina Fitriani menegaskan, pariwisata tidak bisa dilepaskan dari keberadaan warga masyarakat. Karena itu, sudah seharusnya semua lapisan warga masyarakat memiliki kesadaran dan pemahaman yang benar atas dunia kepariwisataan. "Sebagus apa pun objek wisata yang ada, sebuah desa wisata tak akan berkembang jika warganya tidak memeliki kepedulian," ujarnya.  

Sementara, Ira Mayasari secara khusus menyampaikan materi tentang kuliner. Dia tak hanya menyoroti perihal pemilihan bahan makanan yang sehat serta cara pengolahannya, tetapi juga mengenai teknik penyajian harus tetap dalam keadaan bersih dan sehat. Termasuk penggunaan peralatan yang dibutuhkan. 
 

(Prayitno /SMNetwork /CN26 )

NEWS TERKINI