image

LAMPIRAN DOKUMEN: Ketua KPU Wonogiri Mat Nawir (kanan) menerima penyerahan dokumen lampiran kelengkapan pendaftaran PDIP Wonogiri sebagai calon Parpol peserta Pemilu 2019 dari Joko Sutopo dan Setyo Sukarno (kedua dan ketiga dari kanan). (suaramerdeka.com/Bambang Purnomo)

12 Oktober 2017 | 05:55 WIB | Solo Metro

PDIP Sertakan 1.461 KTA dan KTP Elektronik Kader

WONOGIRI, suaramerdeka.com- Untuk mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2019, PDI-Perjuangan Wonogiri, menyertakan lampiran dokumen masing-masing sebanyak 1.461 fotokopi Kartu Tanda Anggota (KTA) dan fofokopi Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) kader.

Ketua DPC PDIP Joko Sutopo yang juga Bupati Wonogiri dan Sekrtaris DPC Setyo Sukarno yang menjabat sebagai Ketua DPRD Wonogiri, Rabu sore (11/10), memimpin langsung pendaftaran ke Kantor KPU Kabupaten Wonogiri. Ikut serta dalam pendaftaran tersebut, para pengurus DPC dan Anggota Fraksi PDIP di DPRD Wonogiri pimpinan Gimanto.

Kedatangan rombongan DPC PDIP Wonogiri ini, diterima resmi oleh Ketua KPU Mat Nawir didampingi Anggota KPU masing-masing Suyono, Joko Wuryantoro, Bambang Tetuko dan Agus Wibowo. Ikut hadir pula dua dari tingga personel Panwas Kabupaten, Ali Mahbub dan Joko Kiswanto.

Ketua KPU Mat Nawir, menyatakan, PDIP menjadi Parpol kedua di Kabupaten Wonogiri yang mendaftarkan ke KPU. Parpol pertama yang mendaftarkan adalah dari Perindo. Tapi setelah diteliti, dokumen persyaratan Perindo ternyata masih kurang. Sesuai dengan data yang didaftarkan di KPU Pusat, jumlah dokumen lampiran fotokopi KTA dan E-KTP sebanyak 1.378 lembar.

''Tapi ketika kami hitung, ternyata masih kurang sebanyak 117.'' jelas Mat Nawir.

Lain halnya dengan PDIP, tandas Mat Nawir, jumlah dokumen lampiran fotokopi KTA dan E-KTP-nya, telah lengkap sesuai angka yang diajukan pusat, yakni masing-masing sebanyak 1.461 lembar. Terkait dengan lengkapnya lampiran dokumen persyaratan tersebut, pihak KPU kemudian membuatkan berita acara penerimaan yang diserahkan kepada Ketua dan Sekretaris DPC PDIP.

Kuota Perempuan

Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo dan Setyo Sukarno, menyatakan, akan mentaati semua tahapan yang ditetapkan oleh KPU dalam proses pendaftaran Parpol sebagai calon peserta Pemilu tahun 2019. Sebagai konsekuensi Parpol pemenang Pemilu di Kabupaten Wonogiri, PDIP akan mematuhi semua regulasi yang diberlakukan dalam proses demokrasi Pemilu, sebagai bentuk dari upaya melaksanakan amanah rakyat.

''Ini demi tekat kami untuk melanjutkan perjuangan kami, sebagai sikap konsistensi Parpol yang dipercaya oleh mayoritas masyarakat pemilih,'' jelas Sekretaris DPC PDIP Setyo Sukarno.

Penegasan sama juga disampaikan oleh Ketua DPC Joko Sutopo, pada prinsipnya demi untuk tetap dapat menjadi Parpol peserta Pemilu, PDIP akan berupaya memenuhi semua persyaratan dan mengikuti seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu 2019. Termasuk akan memberikan kuota sebanyak 30 persen kursi bagi kaum perempuan.

Tentang target perolehan kursi di DPRD Wonogiri, Joko Sutopo berkata: ''Kita upayakan secara kualitas dapat lebih baik dari capaian Pemilu 201 lalu.'' Semua itu, tambah Joko Sutopo, kuncinya terletak pada kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat. Manakala masyarakat memberikan kepercayaan, maka perolehan kursi sebagai wujud keterwakilan di lembaga legislatif tentunya akan bertambah.

Wakil Ketua da Bendahara DPC PDIP, Martanto an Sriyono, menambahkan, dengan 50 kursi yang diperebutkan pada Pemilu 2019 mendatang, PDIP Wonogiri berupaya untuk meraih 24 kursi, agar tetap menjadi kekuatan mayoritas di DPRD Wonogiri.

(Bambang Purnomo /SMNetwork /CN39 )