image

FOTO BERSAMA: Kader dan pengurus GP Ansor Jateng dan DIY foto bersama di sela-sela Konferensi Cabang PC GP Ansor Kabupaten Purbalingga, di Majlis Ta’lim Alfalah, Kelurahan Kalikabong, Purbalingga, Senin (16/4). (suaramerdeka.com/Arie Widiarto)

16 April 2018 | 21:48 WIB | Semarang Metro

Harlah ke-84 Ansor, Momentum Penting Kemandirian Organisasi

PURBALINGGA, suaramerdeka.com– Hari lahir (Harlah) ke-84 Ansor diharapkan menjadi momentum penting pengembangan penguatan ekonomi kader Ansor sehingga akan berimbas pada kesejahteraan anggotanya. Demikian dikatakan Ketua Pengurus Pusat GP Ansor, Mujiburrohman, sekaligus Koordinator Wilayah GP Ansor Jateng dan DIY, saat memberi sambutan pada acara Konferensi Cabang PC GP Ansor Kabupaten Purbalingga, di Majlis Ta’lim Alfalah, Kelurahan Kalikabong, Purbalingga, Senin (16/4).  

‘’Harlah ke-84 Ansor ini harus menjadi momentum Ansor untuk fokus menggarap kemandirian organisasi, terutama di bidang ekonomi. Hal ini penting sebagai upaya mensejahterakan anggotanya. Untuk itu pimpinan pusat Ansor mendorong semua kader untuk dapat terlibat secara aktif dalam setiap kegiatan ekonomi,’’ kata Mujiburrohman.

Mujiburrohman, yang juga bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Jawa Tengah ini menambahkan, di tahun politik 2019, Ansor harus tetap menjaga soliditas anggotanya. Dengan anggota yang solid maka Ansor akan tetap dalam gerakan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai rongrongan keamanan, dengan berkoordinasi dengan aparat keamanan.

‘’Di samping itu, kader Ansor juga harus terlibat aktif dalam proses pemilu, karena dengan suksesnya penyelenggaraan pemilu maka sesuai dengan gerakan Ansor yang selama ini dibangun dan dikerjakan, yakni menjaga persatuan dalam bingkai NKRI,’’ ujarnya.

Sementara itu, terpilih sebagai Ketua GP Ansor Purbalingga periode 2018-2022 yakni Wagino Abdul Manaf, yang dalam kepengurusan lalu menjabat sekretaris. Wagino Abdul Manaf ditetapkan sebagai ketua berdasarkan musyawarah mufakat.

Hadir dalam Konfercab GP Ansor Purbalingga Asisten I Bupati Purbalingga, Agus Winarno, jajaran Forkompimda, Ketua Tanfidiyah NU Suroso Abdul Rozak, Camat Kalimanah, jajaran Pimpinan Pusat GP Ansor, Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah, serta Ketua Fatayat Cabang Kabupaten Purbalingga.

Asisten I Bupati Purbalingga, Agus Winarno mengatakan, Pemerintah Kabupaten Purbalingga sangat berterima kasih atas sumbangsih GP Ansor yang telah berperan aktif dalam membantu pemkab dalam membangun kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Ini bukti nyata bahwa Ansor bergerak bukan hanya membela agama tetapi lebih penting lagi membela bangsa dan negara seperti yang sering dipekikkan NKRI harga mati. Maka, di tahun politik ini, terlebih dalam gelaran pilgub pemkab mengharapkan peran serta Ansor untuk tetap menjaga ketertiban dan juga menyukseskan Pilgub Jateng,” harap bupati Purbalingga, seperti dikutip Agus Winarno.

(Arie Widiarto /SMNetwork /CN40 )