image

BERITA ACARA: Ketua KPU Wonosobo, Ngarifin Sidiq menyerahkan berita acara partai yang memenuhi syarat di Resto Ongklok Wonosobo. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

10 Februari 2018 | 07:10 WIB | Pilkada Serentak

15 Parpol Lolos Verifikasi KPU Wonosobo

  • PKPI Gagal

WONOSOBO, suaramerdeka.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo mengumumkan, 15 partai politik (parpol) memenuhi syarat menjadi peserta pemilihan umum 2019. Dari 15 parpol tersebut, empat di antaranya merupakan parpol baru. Sementara satu parpol, yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dinyatakan tidak lolos menjadi partai kontestan di Kabupaten Wonosobo, karena tidak memenuhi syarat.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Wonosobo, Ngarifin Sidiq saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Kepengurusan, Keterwakilan Perempuan, Domisili Kantor Tetap dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Kabupaten Wonosobo di Resto Ongklok Wonosobo, Kamis (8/2).

Dia mengaku bersyukur karena telah menyelesaikan pentahapan verifikasi parpol di tingkat kabupaten. Apresiasi parpol untuk mendukung tugas KPU dalam melakukan verifikasi seluruh parpol cukup bagus. Meskipun terdapat sejumlah pengurus parpol kesulitan dicari alamat kantor dan pengurusnya. "Secara umum, kegiatan verifikasi berjalan lancar dan sukses," ungkapnya.

Verifikasi menjadi proses awal dalam proses pemilihan umum, untuk kemudian akan melalui perjalanan panjang. Hasil rekapitulasi berita acara verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan politik calon peserta pemilu tahun 2019, 15 parpol yang memenuhi syarat, baik ketua, sekretaris, kantor, keterwakilan perempuan dan lainnya, antara lain Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, PKS, PAN, PBB, PDI Perjuangan, PKB, PPP, PSI, Partai Garuda, Partai Berkarya dan Partai Perindo. "Untuk PKPI tidak memenuhi syarat," tandas dia.

Pihaknya mengimbau, para pengurus parpol mohon membaca undang-undang  dalam penentuan calon anggota legislatif. Dengan beracuran pada aturan, diharapkan ke depanya tidak terjadi  gesekan dan untuk pencalonan benar-benar clear. "Dalam waktu dekat saya juga akan kembali ke masyarakat dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila perlakuan kurang baik kami dalam melayani parpol dan semua yang hadir di tempat ini," tutur dia.

Sementara Eko Sutrisno mengapresiasi luar biasa kerja KPU yang telah menyelesaikan verifikasi parpol peserta pemilu. Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada parpol yang telah memenuhi syarat. "Ini baru tahapan pertama verifikasi di tingkat kabupaten, masih ada lagi verifikasi di tingkat provinsi dan pusat. Harapan kami parpol yang memenuhi syarat. Parpol akan menyeleksi calon anggota legislatif secara profesioanal agar para wakil rakyat bisa membawa Wonosobo menjadi lebih baik," harapnya.

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN26 )