image

PERINGATAN HPN: Bupati Wonogiri Joko Sutopo didampingi Kabag Humas Pemkab Haryanto menyerahkan potongan tumpeng kepada wartawan Suara Merdeka Bambang Purnomo dalam acara peringatan HPN Tahun 2018. (suaramerdeka.com / Khalid Yogi)

10 Februari 2018 | 06:48 WIB | Solo Metro

Bupati Wonogiri Minta Awak Media Ikut Aktif Perangi Hoax

WONOGIRI, suaramerdeka.com- Para awak media, diminta untuk ikut secara aktif memerangi informasi hoax yang tersebar di media sosial (medsos). Supaya masyarakat jangan menjadi korban informasi bohong yang menyesatkan, dan tidak termakan khabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian ditegaskan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Jumat (9/2), terkait dengan acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-32 dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ke 72. Acara peringatan HPN ke-32 ini, digelar di rumah dinas Bupati Wonogiri.

Didampingi Kabag Humas Pemkab Wonogiri, Haryanto, Bupati Joko Sutopo berkenan memotong tumpeng, untuk diserahkan kepada wartawan 'Suara Merdeka' Bambang Purnomo, yang tampil mewakili komunitas awak media Kabupaten Wonogiri. Sebagai insan jurnalis, tandas Bupati, para awak media yang bertugas di Kabupaten Wonogiri diminta untuk tetap bekerja secara profesional dan berintegritas.

"Harapan kami, Pemkab Wonogiri tetap dapat menjalin sinergitas kebersamaan dan kemitraan, dengan mengemban tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, tanpa melupakan fungsinya sebagai alat kontrol," jelas Bupati.

Bupati menilai, fungsi media massa menempati posisi strategis. Melalui berita-berita yang dipublikasikan, dapat dijadikan sebagai refleksi, introspeksi, dan sekaligus evaluasi, dalam menentukan sikap dan langkah pemerintah, baik yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan secara terstruktur dan terukur.

Di era digitalisasi sekarang ini, masyarakat diimbau untuk bersikap kritis, tidak asal menerima informasi yang tersebar di medsos. "Masyarakat bijaksana untuk tidak langsung merespon penyebaran informasi di medsos. Tapi perlu melakukan klarifikasi, apakah itu betul atau tidak. Sebab, banyak berita hoax yang langsung diunggah di medos dan tersebar luas di masyarakat, tanpa melakukan klarifikasi terlebih dahulu," jelas Bupati.

Mewakili komunitas wartawan di Kabupaten Wonogiri, Bambang Purnomo, menyampaikan ucapan terima kasih terkait dengan perhatian yang diberikan Bupati dalam penyelenggaraan HPN Tahun 2018 ini. ''Kami merasa terharu terhadap kepedulian Pak Bupati, yang telah memprakarsai acara tumpengan peringatan HPN ini,'' katanya.

(Khalid Yogi /Bambang Purnomo /SMNetwork /CN26 )