image

Foto: Istimewa

10 Februari 2018 | 04:36 WIB | Ekonomi dan Bisnis

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Rancang Berbagai Program Unggulan

  • Tingkatkan Realisasi Investasi Bidang Penanaman Modal

JAKARTA, suaramerdeka.com- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta telah merancang berbagai program unggulan di tahun 2018 dan tahun-tahun mendatang guna meningkatkan realisasi investasi bidang penanaman modal.

Di antaranya, dengan menyelenggarakan Jakarta Investment Centre (JIC) yang merupakan sebuah pusat pengembangan informasi dan pengetahuan mengenai investasi di Bidang Penanaman Modal, JIC memiliki program- program mempromosikan peluang-peluang yang akan berinvestasi (market sounding) bahkan akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, BUMD dan badan usaha lainnya.

JIC pun mendukung proyek- proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan model Public Private People Partnership (PPPP). Pengembangan program-program JIC selain didukung oleh tenaga ahli professional. Selain itu juga didukung professional Investment Qualified Consultant (QC) yaitu sejumlah pegawai DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta yang dipilih dan dibekali pemahaman mengenai proses perizinan serta menguasai bahasa asing.

QC ditugaskan khusus oleh Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk mendampingi investor dan mempermudah dalam hal memperoleh informasi dan perizinan dari hulu ke hilir (end to end) baik bagi investor PMDN (penanaman modal dalam negeri) maupun PMA (Penanaman Modal Asing), sampai saat ini beberapa investor dari Dubai, Swedia, dan Malaysia sedang dalam proses pendampingan.

"Melalui JIC dan program-program unggulan lainnya di bidang penanaman modal, diharapkan dapat terus meningkatkan realisasi investasi di DKI Jakarta, dan kami optimis dapat mencapai target realisasi investasi Rp.1000 triliun selama lima tahun mendatang," tutur Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi.

Di samping itu, penguatan inovasi layanan guna membangun kepercayaan publik terhadap DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta selaku penyelenggara pelayanan publik bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan dan non perizinan di DKI Jakarta, juga terus dilakukan.

Bebarapa inovasi layanan yang sudah akrab bagi warga Ibukota dan telah terbukti memberikan kemudahan bagi investasi dan bisnis, diantaranya: IMB 3.0, Arsitek Gratis, Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), Mobil Service Unit, Call Center Tanya PTSP 1500164, 316 Service Point, Mal Pelayanan Publik, PTSP Goes To Mall, Fast Track, One Day Service, Tanda Tangan Elektronik, dan Antrean Online.

"Pelayanan publik yang prima merupakan kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara, untuk itu melalui komitmen amanah dedikasi sepenuh hati, kami siap mewujudkan pelayanan publik yang prima di Jakarta dengan memberikan kemudahan bagi investasi dan bisnis. Iklim usaha yang kondusif telah menjadikan Ibukota Negara ini primadona bagi investor baik dari Dalam Negeri maupun Asing," tutup Edy.

(Andika Primasiwi /SMNetwork /CN26 )