image

Foto: suaramerdeka.com/Mahendra Bungalan

10 Februari 2018 | 02:55 WIB | Nasional

Pers Harus Bangun Narasi Peradaban

PADANG, suaramerdeka.com- Presiden Joko Widodo menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Pantai Lampo Panjang Cimpago, Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Dalam pidatonya, Jokowi menyebut, saat ini terjadi lompatan teknologi yang begitu cepat tapi saat itu lah media massa makin diperlukan.

''Saya percaya bahwa di era lompatan-lompatan kemajuan teknologi dan melimpahnya informasi, pers semakin diperlukan,'' kata Presiden Jokowi dihadapan ribuan tamu undangan, Jumat (9/2).

Dia menyebut, sekitar lima tahun belakangan masyarakat mendengar berbagai analisa yang mengatakan bahwa media mainstream, media massa akan digeser media sosial sebagai media baru. Media massa dan pers yang dikenal sebagai pilar keempat demokrasi dianggap akan sulit bersaing dengan media sosial dan digital.

Namun, menurutnya, era informasi yang melimpah, pers masih diperlukan untuk membangun narasi kebudayaan dan peradaban baru. Pers makin diperlukan untuk menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran, pers semakin diperlukan sebagai penegak fakta.

"Pers semakin diperlukan untuk membangun narasi budaya baru, narasi peradaban baru," katanya.

Diketahui, puncak peringatan HPN dipusatkan di Pantai Padang, Sumatera Barat. HPN dihadiri sejumlah pejabat. Mulai dari Ketua PWI Margiono, Ketua Dewan Pers Joseph Adi Prasetyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Hadir pula sejumlah menteri pada puncak Hari Pers Nasional itu. Diantaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan Djalil, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

HPN Sumatera Barat 2018 dilaksanakan secara bersama-sama oleh Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Satu hari sebelum puncak acara Hari Pers Nasional, Kamis (8/2) dilakukan prosesi makan bajamba di halaman Museum Adityawarman, Kota Padang, Sumatra Barat ikuti ribuan orang, wartawan dan masyarakat setempat.

(Mahendra Bungalan /SMNetwork /CN39 )