image

BENAHI SALURAN: Warga Lingkungan Tambaksari, Ambarawa tengah berupaya membenahi saluran yang rusak terkena luapan air Sungai Sejangkang, Jumat (9/2) pagi. (Foto suaramerdeka.com/Ranin Agung)

09 Februari 2018 | 23:59 WIB | Semarang Metro

Dua Sungai Meluap, Air Genangi Pemukiman

  • Dampak Intensitas Hujan Tinggi

AMBARAWA, suaramerdeka.com- Beberapa wilayah di Ambarawa, Kabupaten Semarang tergenang akibat intensitas hujan tinggi, Kamis (8/2) sore. Air tidak hanya menggenangi jalan, namun sebagian sudah masuk ke pemukiman warga.

Salah satu pemukiman terdampak, adalah Lingkungan Bejalen Timur, Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa.

“Sungai Panjang meluap hingga ke perkampungan, setelah wilayah ini diguyur hujan pukul 15.30,” kata warga Bejalen Timur RT 07 RW III, Paryanto (63), Jumat (9/2) pagi.

Menurutnya, Sungai Panjang sedikit banyak mendapat pasokan air dari wilayah Kecamatan Bandungan yang bermuara di Rawapening. Sebagai antisipasi banjir besar, dia bersama warga lainnya telah menyiagakan perahu sampan kayu yang biasa digunakan untuk mencari ikan di perairan Rawapening.

“Masyarakat sini mayoritas nelayan, jadi sudah pasti perahu yang ada telah disiapkan,” ujarnya.

Koko Komarullah (38) warga setempat menambahkan, pantauan sejak sore kemarin ketinggian air yang masuk ke pemukiman mencapai tinggi 70 sentimeter. Tiga rumah yang sudah kemasukan air, meliputi rumah Tulno, Siyamto, dan rumah milik Masiyem.

Di lokasi lain, dampak hujan deras juga menutup jalan dari Ambarawa menuju wilayah Kelurahan Tambakboyo. Hal itu, merupakan dampak Sungai Sejangkang yang meluap tidak kuat menampung air.

Setelah air surut, warga pun mulai membersihkan rumah dan jalan yang tertutup lumpur.

“Surut pukul 19.00, saya dan warga kemudian langsung membersihkan apa saja yang terendam air,” imbuh warga Tambaksari RT 04 RW II Tambakboyo, Fredy Setiawan (34).

Ketika dikonfirmasi, Kalakhar BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto menuturkan, curah hujan yang tinggi pada Kamis (8/2) kemarin, telah menggenangi wilayah RW II dan RW III, Desa Asinan, Kecamatan Bawen. Air juga masuk ke wilayah RT 07 Lingkungan Garung, Kelurahan Ngampin, Ambarawa.

“Kami sudah memberikan bantuan logistik ke beberapa wilayah terdampak untuk kerja bakti. Beberapa relawan gabungan Kabupaten Semarang pun telah membantu membersihkan lumpur sisa banjir,” kata Heru.

(Ranin Agung /SMNetwork /CN19 )