image

INSERT: Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan (Foto suaramerdeka.com/Ranin Agung)

09 Februari 2018 | 22:27 WIB | Pilkada Serentak

Penentuan Jumlah Dapil, KPU Akan Lakukan Uji Publik

UNGARAN, suaramerdeka.com- KPU Kabupaten Semarang dalam waktu dekat bakal menggelar Deklarasi Damai Pilgub 2018 dan Pemilu Serentak 2019. Hal itu rencananya akan digelar 18 Februari 2018 mendatang. Untuk itu, Ketua KPU Kabupaten Semarang Guntur Suhawan meminta semua pihak agar tidak menggunakan lagi istilah tahun politik melainkan tahun demokrasi.

“Jangan menggunakan tahun politik, tetapi lebih elok bila disepakati memakai istilah tahun demokrasi,” kata Guntur, Jumat (9/2).

Berkaitan dengan daerah pemilihan (dapil), pihaknya juga berencana melakukan uji publik melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk partai politik. Menyusul KPU Kabupaten Semarang sudah membuat beberapa konsep. Pertama, dapilnya tetap tidak ada perubahan. Kemudian konsep pergeseran, semisal menggeser Dapil lima. Ada pula konsep penambahan Dapil menjadi enam, yang akan dipecah ada di Dapil lima yaitu Getasan, Jambu, dan Banyubiru menjadi Dapil baru.

“Dapil Banyibiru, bisa ikut Dapil Tuntang atau Bawen. Itu sifatnya adalah usulan, konsep tadi akan kita uji publikkan. Supaya ada keputusan sejalan dengan ketentuan, yang mana KPU sifatnya hanya mengusulkan karena keputusannya ada di KPU Pusat,” tandasnya.

(Ranin Agung /SMNetwork /CN19 )