image

Foto: Sputnik/ AFP

08 Februari 2018 | 15:08 WIB | Mancanegara

Putin Ingin Pensiun dengan Aman

MOSKWA, suaramerdeka.com - Ksenia Sobchak, selebriti TV dan sosialita yang juga bakal calon Presiden Rusia, membenarkan rumor bahwa Presiden Vladimir Putin rela pensiun dari dunia politik, bila dijamin bebas keluar secara pribadi dari kehidupan publik.

"Sulit meyakinkannya bahwa ada jalan keluar dan dia bisa mempercayai orang-orang yang menjamin itu. Dan tidak akan mengalami nasib seperti yang menimpa mantan diktator Chili Augusto Pinochet atau mantan diktator Libya Moammar Gadhafi. Dia benar-benar takut akan hal itu,” kata Sobchak kepada VOA.

Sobchak, 36, bukan pihak pertama yang mengklaim hal ini. Pencalonan Sobchak dipertanyakan oleh aktivis oposisi dan pengamat politik yang mencurigai kampanye dia adalah taktik Kremlin untuk meningkatkan jumlah pemilih dan membantu Putin untuk kembali masa jabatan enam tahun lagi.

Alexei Navalny, pejuang anti-korupsi karismatik yang telah menggalang dukungan nasional, mengungkapkan hal serupa beberapa bulan yang lalu.

Setelah dilarang mencalonkan diri karena tuduhan kriminal yang menurut pendukungnya bermotif politik, Navalny membuat klaim tersebut terlepas dari ikatan langsung apapun dengan lingkaran dalam Putin. Namun Sobchak adalah orang pertama yang mendasarkan pengamatannya pada hubungan pribadi dengan Putin. Putin adalah mentor politik ayah Sobchak.

(VOA /CN33 )